Program KOTAKU di Bantaeng Sulap Lingkungan Gusung dan Kasoreang Jadi Lorong Cantik

Abadikini.com, BANTAENG – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Bantaeng gelar serah terima sarana dan prasarana Program Kota Tanpa Kumuh  (KOTAKU) dari Pemerintah kepada pihak Kelompok Pemanfaat dan Penerima (KPP) Kelurahan yang dilaksanakan di Lingkungan Kasoreang, Kelurahan Lamalaka, Selasa (18/2/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Bantaeng, Akhmad. Dengan peserta KPP yang dibentuk dari Kelurahan Lamalaka, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Akhmad mengatakan, penanganan kawasan kumuh memang menjadi salah satu perhatian pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Program Kota Tanpa Kumuh  (KOTAKU) dari Pemerintah kepada pihak Kelompok Pemanfaat dan Penerima (KPP) Kelurahan yang dilaksanakan di Lingkungan Kasoreang, Kelurahan Lamalaka, Selasa (18/2/2020).

Dalam pelaksanaannya, penanganan permukiman kumuh skala lingkungan untuk konstruksi sederhana dilakukan secara swakelola masyarakat. Sementara untuk skala kota, dilaksanakan dengan melibatkan rekanan (pihak ketiga). Namun pada intinya, kedua penanganan saling terintegrasi dan berkesinambungan.

“Program KOTAKU membawa dampak nyata dalam penanganan maupun upaya pencegahan terhadap meluasnya kawasan kumuh dengan pembangunan berbagai sarana dan prasarana penunjang,” jelas Akhmad.

Kepala Bidang  Kawasan Permukiman, selaku Kepala Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Perumahan Permukiman, Amiruddin Nur menegaskan bahwa Pelaksanaan Program KOTAKU sudah terlaksana semenjak 2017 dengan alokasi dana Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM) atau dulunya Bantuan Dana Investasi (BDI) kelurahan selama tahun 2017 – 2019.

Kegiatan pembangunan tersebut dilaksanakan dan diawasi oleh masyarakat dengan pola pemberdayaan masyarakat, sementara itu pemerintah daerah melalui Pokja PKP (Bappeda), Dinas Perkim dan Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) Kabupaten Bantaeng serta Tim Konsultan KOTAKU membantu pelaksanaan kegiatan tersebut agar terlaksana dengan baik. Pada akhir Desember 2019 semua kegiatan pembangunan telah selesai dilaksanakan, jelasnya.

Dijelaskan, kegiatan pembangunan tersebut berupa infrastruktur dasar di dua titik yakni Lingkungan Gusung dan Lingkungan Kasoreang di Kelurahan Lamalaka.

“Kegiatan pembangunan telah selesai di
Lingkungan Gusung, yaitu Jalan Lingkungan (BETON),Drainase Lingkungan, Penutup Saluran, Tembok Penahan (TALUD), Mandi, Cuci, Kakus (MCK)”.

“Sedangkan untuk wilayah Lingkungan Kasoreang,telah selesai yaitu Jalan Lingkungan (BETON), Drainase Lingkungan, Penutup Saluran, Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan  Sarana Penunjang Taman” ujarnya.

Lebih lanjut, diharapkan setelah sarana dan prasarana tersebut diserahkan dari Pemerintah ke pihak Masyarakat dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam waktu lama, dan untuk menjamin hal tersebut dapat bermanfaat lebih bagi masyarakat diperlukan pemeliharaan dari infrastruktur tersebut.

“Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan program KOTAKU pemeliharaan infrastruktur diserahkan kepada kelurahan dengan membentuk Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP), dan saat ini sudah dibentuk KPP untuk  kelurahan tersebut” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker