Rabithah Alawiyah Bilang Jangan Curigai Ormas Islam dan Habib

Abadikini.com, JAKARTA –  Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zen Bin Smith meminta pemerintah untuk tak mencurigai ataupun menuding organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam yang diisi para habib sebagai kelompok antipemerintah.

Rabithah Alawiyah adalah ormas yang menaungi warga negara Indonesia (WNI) keturunan Arab, khususnya yang memiliki garis keluarga Nabi Muhammad SAW.

Zen menyampaikan saat ini umat Islam Indonesia sedang menghadapi polarisasi. Dia meminta pemerintah untuk tidak memperkeruh suasana tersebut dengan kebijakan-kebijakan yang kontroversial.

“Janganlah ormas-ormas Islam yang di dalamnya bernaung para ulama, habaib, serta dai, dicurigai seakan-akan tidak mendukung pemerintah,” kata Zen saat membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Rabithah Alawiyah di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Jumat (6/12) dilansir dari CNN.

“Mari tengoklah sejarah bahwa negara ini juga turut dibangun oleh mereka yang telah mengorbankan jiwa dan raganya,” ujar dia.

Zen percaya semua ormas Islam menghargai jasa para pendahulu bangsa Indonesia. Sehingga tidak akan mengkhianati pengorbanan yang telah berbuah kemerdekaan saat ini.

Dia mengajak pemerintah dan umat Islam untuk fokus menangani masalah bangsa, ketimbang saling mencurigai. Zen menyebut Indonesia perlu segera mengatasi masalah pendidikan akhlak dan budi pekerti, kemiskinan, keterbelakangan, dan penangkalan hoaks.

“Marilah kita ulama dan umaro bergandeng tangan untuk membangun dan memperbaiki akhlak bangsa ini dengan dasar prasangka yang baik kepada umat dan juga yang telah memberikan kontribusi kepada kemajuan bangsa ini,” ujarnya.

Dalam Mukernas Kedua ini, Rabithah Alawiyah mengusung tema Bersinergi Membangun Pendidikan dan Ekonomi Keumatan. Mereka juga menegaskan program kerja yang akan dijalankan hingga Muktamar ke-25 pada tahun 2021.

Acara ini dihadiri beberapa tokoh nasional, seperti Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, dan anggota MPR RI Fadel Muhammad.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker