Wisuda Jurnal bersama Menristek, Jurnal Al Uqud FE Unesa Dapatkan Akreditasi Sinta 2

Abadikini.com, JAKARTA – Jurnal Al-Uqud : Journal of Islamic Economics yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya berhasil mendapatkan akreditasi sesuai dengan SK Kemenristek Dikti Nomor 28/E/KPT/2019 dengan peringkat Sinta 2.

Sertifikat akreditasi diberikan pada acara “Wisuda Jurnal” yang merupakan serangkaian kegiatan bertajuk “Koordinasi Pengembangan Jurnal dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik” yang diselenggarakan oleh Dirjen Penguatan Risbang Kemenristek-Dikti, bertempat di Puri Agung Hotel Grand Sahid Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 500 penerima sertifikat akreditasi yang merupakan hasil seleksi dari dari 1.500 penerima sertifikat.

Selain wisuda jurnal, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan sertifikat akreditasi jurnal ilmiah serta penyerahan dana insentif untuk jurnal terakreditasi peringkat 1 dan 2 yang diserahkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang P.S. Brodjonegoro.

Dalam kesempatan ini, Menristek/BRIN memaparkan sejumlah capaian dan target Kemenristek serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN); Penandatangan MoU pendanaan penelitian antara Kemenristek dan LPDP; Penghargaan terhadap tim pengembang berbagai aplikasi riset dan teknologi; Peluncuran subsistem pendukung SINTA (Science and Technology Index), yaitu GARUDA (Garba Rujukan Digital); RAMA Repository, ANJANI (Anjungan Integritas Akademik Indonesia), SINTA go mobile, dan Ide Menulis oleh Dirjen Risbang.

Dalam sambutannya, Bambang mengapresiasi para pengelola jurnal di seluruh Indonesa yang telah bekerja keras dan ikut serta dalam meningkatkan peringkat publikasi di Asean. Selain itu, mantan Menteri Bappenas ini menekankan agar pengelola jurnal selalu melakukan evaluasi diri dan menjaga integritas dengan menerbitkan tulisan yang orisinal sehingga bermanfaat dan berdaya saing Internasional.

Sementara itu, Anang Kistyanto selaku Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Unesa memberikan apresiasi atas capaian ini. “Al-Uqud merupakan jurnal kedua yang terakreditasi dengan peringkat Sinta 2. Sebelumnya ada Akrual : Jurnal Akuntansi yang terakreditasi terlebih dahulu,” ungkapnya pada keterangan tertulisnya. Jumat, (29/11/2019).

“Sebagai pimpinan fakultas, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut serta dalam mencapai prestasi ini. Semoga capaian ini mampu memotivasi pengelola jurnal lain di lingkungan FE Unesa,” imbuhnya.

Selain itu, Anang juga berpesan supaya tidak puas dengan capaian ini. Anang mendorong agar jurnal ini ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat menjadi jurnal internasional bereputasi.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ahmad Ajib Ridlwan selaku Editor in Chief Al-Uqud menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam meningkatkan kualitas jurnal. Selain itu Ajib juga berencana ikut program internasionali jurnal.

Saat ini Editorial Board berasal dari berbagai negara, tinggal penulis yang masih didominasi oleh peneliti di Asia Tenggara, ini PR kami menuju terindeks global.

“Jika tidak ada halangan, tahun 2020 jurnal ini akan didaftarkan agar terindeks Scopus dan Web of Science (WOS). “Mohon doanya semoga lancar,” harap Ajib.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close