Ini Rute Formule E di Kawasan Monas Jakarta Pusat

Abadikini.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto mengatakan Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E akan melapis lintasan di dalam kawasan Monas menggunakan aspal. Saat ini area di dalam kawasan Monas masih menggunakan paving block.

Sebab, turnamen balap mobil listrik Formula E pada 6 Juni 2020 akan digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Rute balapan tersebut akan melintasi area di dalam kawasan Monas dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Teknik pengaspalannya ya dari mereka (FIA). Untuk biaya pembuatan lintasan yang termasuk kegiatan commintment fee-nya,” kata Dwi Wahyu Daryoto seusai rapat pembahasan anggaran dengan Komisi C di gedung DPRD DKI, seperti dilansir Abadikini dari BeritaSatu, Senin (4/11).

Dalam rapat bersama Komisi C, Dwi Wahyu Daryoto menerangkan commitment fee yang harus disetorkan Pemprov DKI Jakarta sebagai tuan rumah Formula E 2020 kepada FIA Formula E yakni 20 juta poundsterling. Jumlah itu setara dengan Rp 345,9 miliar.

“Untuk panjang lintasan Formula E 2020 adalah 2,6 kilometer,” ujar Dwi Wahyu Daryoto.

Rute lintasan Formula E akan terbentang dari Jalan Medan Merdeka Selatan. Kemudian belok kiri ke Jalan Silang Merdeka Tenggara dan masuk ke dalam kawasan Monas, memutari Jalan Titian Indah di dalam Monas, menuju Jalan Silang Merdeka Barat Daya, dan berakhir kembali di Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Jalan Medan Merdeka Selatan yang digunakan untuk lintasan hanya jalur yang mengarah ke Gambir. Sementara jalur yang mengarah ke Jalan MH Thamrin ditutup untuk kegiatan pendukung,” ungkap Dwi Wahyu Daryoto.

Seperti diketahui, kegiatan Formula E 2020 akan dibagi menjadi empat zona. Pertama, zona Formula E management yang merupakan area utama sirkuit.

Kedua, zona ekonomi lokal yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan MH Thamrin.

Ketiga, zona usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jalan Agus Salim, Jalan Kebon Sirih, Jalan Perwira dan Lapangan Banteng. Terakhir, zona konser yang berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close