Gubernur Anies Harus Pikirkan Dimana Lokasi Balapan Mobil Formula E

Abadikini.com, JAKARTA – Ajang balap mobil Formula E dijadwalkan akan berlangsung di Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang. Namun seperti diketahui kawasan Monas dipastikan batal untuk menjadi kawasan yang digunakan untuk menggelar ajang balap tersebut. Lalu, di mana tempat alternatifnya?

Sebelumnya, Monas menjadi pilihan utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta untuk dijadikan tempat terselenggaranya Jakarta E-Prix. Namun Pemerintah Pusat melarang hal tersebut lantaran Monas merupakan salah satu cagar budaya.

Beberapa tempat pun sempat bisa dijadikan sebagai alternatif Monas sebagai tempat diselenggarakannya Jakarta E-Prix. Sebut saja diantaranya di kawasan Kemayoran dan Gelora Bung Karno dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Namun ketiga temapt alternatif itu juga masih berada di bawah kendali pemerintah pusat. Oleh karena itu, proses perizinan pun dinilai tidak akan mudah untuk didapatkan dan berpotensi besar mendapat penolakan.

Akhirnya Pemprov Jakarta pun disebut mencari alternatif lainnya untuk menjadi tempat yang ideal untuk menyelenggarakan Jakarta E-Prix. Beberapa diantaranya adalah kawasan Ancol, Kota Tua, Kepulauan Seribu, Pulau Reklamasi, dan Jembatan Semanggi.

Meski begitu, kawasan alternatif tersebut hingga saat ini masih harus dianalisis lebih lanjut kelayakannya. Sehingga belum bisa dipastikan tempat pasti Jakarta E-Prix akan resmi digelar pada tahun depan.

Namun dengan resminya Jakarta menjadi tuan rumah ajang ABB FIA Formula E 2022 bisa berdampak cukup baik untuk Indonesia. Pasalnya, turnamen tersebut bisa menjadi ajang promosi wisata untuk Jakarta untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Formula E 2022 sendiri telah resmi direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 putaran. Jakarta sendiri dijadwalkan akan menjadi seri ke sembilan yang akan dilangsungkan pada 4 Juni 2022 mendatang.

Tentunya Jakarta patut berbangga karena akan menggelar balapan mobil masa depan tersebut. Menarik tentunya menantikan bagaimana persiapan Jakarta dalam menyambut ajang balapan Formula E 2022.

Sumber: okezone

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker