Kantor Berita Cina Xinhua di Hong Kong Dirusak oleh Demonstran

Abadikini.com – Demonstrasi di Hong Kong yang telah berjalan kurang lebih lima bulan lamanya belum juga berakhir. Kali ini, demonstran merusak kantor berita Cina, Xinhua.

Tak hanya itu, pedemo juga kembali membakar stasiun metro (MTR) dan merusak sejumlah bangunan di pusat kota.

Operasi pembersihan kini sedang berlangsung di kantor Xinhua. Jendela depan tampak hancur karena dilempari batu bata oleh pedemo yang berpakaian hitam.

“Kami mengecam serangan itu. Para pelaku adalah “penjahat biadab”. Mereka mendobrak pintu dan sistem keamanan, melemparkan api serta menggambar bom di lobi gedung,” kata salah satu juru bicara Xinhua, dikutip dari AFP, Minggu 3 November 2019.

Beberapa staf kebersihan terlihat menyapu serpihan kaca dari lantai melalui pintu dan jendela yang rusak.

Pada dini hari tadi, polisi sempat menembakkan gas air mata, peluru karet, dan mengirim meriam air kepada para demonstran yang masih bertahan di pusat kota.

Akibatnya, lebih dari 200 orang telah ditahan kepolisian Hong Kong dalam beberapa pekan terakhir karena dianggap kembali menyulut api demonstrasi yang sempat mereda.

Mereka ditahan dengan tuduhan pelanggaran demonstrasi tidak sah, kepemilikan senjata, kerusakan kriminal, dan mengenakan topeng yang saat ini dianggap ilegal di bawah undang-undang darurat era kolonial yang dihidupkan kembali.

Topik Berita

Berita Terkait

Back to top button
Close