Danau Garam di Gerbang Gurun Sahara Tunisia

Abadikini.com, JAKARTA – Chott el Djerid juga dikenal sebagai Chott El-Jerid, merupakan danau garam yang terletak di Gurun Sahara, di wilayah Tunisia. Chott el Djerid memiliki reputasi sebagai danau garam terbesar di Sahara, dan bahkan terbesar di benua Afrika. Dengan luas permukaan lebih dari 2.700 mil persegi, Chott el Djerid lebih dari 1,5 kali lebih besar dari Great Salt Lake of Utah.

Nama danau ini terdiri dari dua bagian: chott — dalam bahasa Tunisia — menggambarkan sebuah danau yang mengering di musim panas dan biasanya memiliki beberapa genangan air pada musim dingin. Lalu, el djerid adalah kata Arab yang berarti “daun palem” (wilayah el Djerid terdekat di Tunisia Barat Daya memiliki 15 kali lebih banyak pohon kurma daripada populasi manusia).

Mengutip dari Tempo, Jumat (20/9), Chott el Djerid didominasi dataran besar dengan iklim padang pasir yang keras dan hampir tidak memiliki sumber daya alam — termasuk air tawar. Ini adalah tempat yang sulit untuk ditinggali, tetapi menjelajahinya adalah cerita yang berbeda. Ketiadaan kehidupan — bagi petualang — memiliki daya pikat misterius sekaligus indah.

Berkendara melintasi jalan utama yang membentang dari tepi selatan ke titik barat laut, mustahil untuk tidak berhenti dan mengagumi endapan garam berwarna pelangi dan danau kecil. Danau-danau itu hanya terisi air asin bahkan pada hari-hari musim panas yang paling kering sekalipun. Tanpa diduga, air asin bervariasi dalam warna: dari hijau muda ke merah muda lembut hingga oranye cerah. Di ujung danau, perkebunan kurma milik warga seperti garis finish yang melegakan.

Danau-danau garam tak pernah kering meskipun di musim paling sekalipun. Foto: Philoursmars/Atlas Obscura

Chott el Djerid terletak dekat dengan kota Douz, dijuluki “pintu gerbang ke Sahara.” Wilayah itu, telah menjadi lokasi dalam pembuatan film Star Wars. Lokasinya di ujung barat laut danau, tepat di sebelah kota Nafta, dan Mos Espa — dari saga film yang sama — berjarak kurang dari 10 mil di utara dari danau.

Chott el Djerid masuk dalam daftar legenda mitos dewa-dewa Yunani. Ia dianggap sebagai kandidat yang paling layak untuk danau kuno Tritonis yang disebutkan dalam mitologi Yunani. Tritonis adalah tempat kelahiran dewi bernama Athena.

Meski menjadi kampung halaman Athena, Chott el Djerid adalah danau garam yang besar di tengah gurun yang tak kenal ampun. Menelusuri danau itu harus didekati dengan hati-hati. Pastikan Anda memiliki tangki penuh bahan bakar, dan membawa air minum lebih dari cukup. Apalagi, kendaraan berpenggerak empat roda kerap macet di sini, karena medannya yang sulit.

Bahkan mobil berpenggerak empat roda bisa bermasalah dengan Gurun Sahara di Chott El Djerid. Foto: Nate Robert/Atlas Obscura

Paling baik tetap di jalan P16 yang berada di antara Douz dan Tozeur, atau C103 jika Anda menuju ke atau dari Gafsa. Bahkan lebih baik, menuruti pemandu lokal yang tahu tempat itu dengan baik.

Topik Berita
Back to top button
Close