Puluhan Juta Duit Bank Mandiri ‘Nyangkut’ di Puluhan Nasabah

Abadikini.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan masih ada puluhan juta rupiah uang milik perseroan yang ‘nyangkut’ di puluhan nasabah. Uang tersebut nyangkut akibat kesalahan sistem teknologi informasi yang dialami bank BUMN itu pada Juli 2019 lalu.

Sebelumnya, kesalahan sistem tersebut mengakibatkan perubahan saldo pada 1,5 juta rekening nasabah dari total 20 juta nasabah yang dimiliki perseroan. Dalam hal ini, ada saldo nasabah yang berkurang, ada pula yang bertambah.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengungkapkan saat ini 99,99 persen saldo nasabah yang terdampak sudah kembali normal. Namun, masih ada puluhan nasabah yang belum mengembalikan kelebihan saldo yang diterimanya.

“Mungkin (nasabah) ada di luar negeri. Mungkin lagi sibuk saja,” ujarnya di Menara Mandiri, Rabu (28/8/2019).

Namun demikian, perusahaan menganggap persoalan secara umum sudah selesai. Pasalnya, jumlah uang yang belum kembali tidak signifikan, yaitu tinggal puluhan juta rupiah dari sebelumnya mencapai miliaran rupiah.

“Tinggal puluhan juta rupiah dari puluhan nasabah, tapi nilainya kecil-kecil kok. Mungkin mereka (nasabah) belum tahu juga. Kalau punya Rp6 miliar nambah Rp1 juta kan nggak ngelihat,” paparnya.

Sebenarnya, perusahaan bisa langsung memangkas saldo nasabah yang berlebih. Namun, perusahaan memilih untuk melakukan pendekatan dengan nasabah, sehingga pemangkasan dilakukan atas sepengetahuan nasabah.

Meski demikian, ada juga nasabah yang terlanjur menggunakan kelebihan saldonya, sehingga saldo di rekeningnya berkurang. Atas nasabah yang demikian, Bank Mandiri tidak akan mendesak nasabah untuk segera mengembalikan.

“Itu kesalahan sistem dari bank jadi enggak usah ngoyo-ngoyo. Toh, uangnya sudah balik 99,9 persen,” imbuh Rohan.

Editor
Selly P
Sumber Berita
CNN
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close