Trending Topik

Woalah, Per 1 Juni Tarik Tunai di Bank BRI, BNI, Mandiri dan BTN lewat ATM Link Kena Biaya Rp5000

Abadikini.com, JAKARTA – Mulai 1 Juni 2021, jaringan ATM Link milik Bank Himbara (Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) mengenakan biaya untuk cek saldo dan tarik tunai. Sebelumnya, para nasabah di empat bank tersebut bisa melakukan kedua transaksi ini dengan biaya Rp 0 alias gratis.

“Biaya administrasi ini berlaku terhitung mulai 01 Juni 2021 dan seterusnya sampai dengan adanya perubahan di kemudian hari,” demikian keterangan di situs resmi BNI, dikutip pada Jumat, 21 Mei 2021.

Informasi serupa juga disampaikan bank pelat merah lainnya di situs mereka masing-masing. Mulai dari Bank Mandiri, BRI, sampai BTN.

Untuk cek saldo, nasabah harus membayar biaya Rp 2.500 dan untuk tarik tunai sebesar Rp 5.000. Sementara untuk transfer, biayanya tidak berubah yaitu tetap Rp 4.000.

Meski ada perubahan, jaringan bank pemerintah ini menyebut para nasabah tetap mendapatkan manfaat. Sebab, mereka masih tetap dapat bertransaksi dengan biaya yang lebih hemat ketimbang transaksi di ATM non Link.

Di situs resminya, BNI pun memberi perbandingan biaya transaksi dengan ATM non Link yang lebih mahal. Mulai dari cek saldo Rp 4.000, tarik tunai Rp 7.500, dan transfer Rp 6.500.

Untuk melihat informasi lengkap dan tampilan fisik dari ATM Link, silahkan akses halaman berikut: https://www.bni.co.id/id-id/beranda/berita/pengumuman/articleid/7556

Sementara Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan perubahan biaya ini dengan tujuan untuk mendukung kenyamanan nasabah saat bertransaksi.

“Dalam rangka mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi maka setiap transaksi Cek Saldo dan Tarik Tunai Kartu BRI di ATM Bank Himbara (BNI, Mandiri dan BTN) atau ATM dengan tampilan ATM Link maka diberlakukan perubahan biaya transaksi ATM Link,” kata Aestika dalam keterangannya, Jumat (21/5/2021)

Pengenalan biaya itu adalah transaksi Cek Saldo menjadi Rp2500 sementara untuk tarik tunai sebesar Rp5000. Perubahan mulai tanggal 1 Juni mendatang dan Aestika mengatakan berlaku sampai dengan adanya perubahan di kemudian hari.

Dia menambahkan, nasabah BRI juga bisa bertransaksi di mesin ATM BRI dan mesin CRM BRI tanpa ada perubahan biaya.

“Selain bertransaksi di ATM Himbara (BNI, Mandiri, BTN) atau ATM Link, Nasabah BRI juga tetap dapat bertransaksi melalui 16.558 mesin ATM BRI dan 5.707 mesin CRM BRI yang tersebar di seluruh Indonesia tanpa ada perubahan biaya,” jelasnya.

Selain itu, diimbau juga untuk nasabah bertransaksi dengan cashless dan melakukan transaksi secara digital. Di BRI terdapat layanan Internet Banking BRI.

“Selain itu, untuk transaksi yang lebih mudah dan aman BRI mengimbau nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital. Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo,” kata dia.

Sebagai informasi, biaya transfer melalui ATM Link ke bank BUMN adalah Rp4000 per transaksi. Sedangkan penggunaan kartu non bank BUMN di ATM Link untuk tarik tunai Rp7.500, Rp6000 untuk transfer dan Rp4000 cek saldo.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker