Ternyata Susu Asam Itu Bermanfaat Juga Loh, Mau Tau?

Abadikini.com – Meminum spoiled milk (susu asam) memang berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Hal itu dapat memengaruhi pencernaan yang menyebabkan mual, diare, dan muntah.

Namun, mengonsumsinya dalam porsi yang tidak terlalu banyak justru baik. Tetapi, dapat dilihat lagi, bahwa jangan sampai susu tersebut rusak seperti berlendir. Susu yang berubah sedikit asam masih berguna untuk berbagai keperluan kuliner. Ini juga merupakan solusi praktis untuk mengurangi limbah makanan dan menghemat energi.

Dilansir Abadikini dari Medical Daily, Ahad (25/8), berikut ini berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari susu asam.

1. Untuk memanggang

Menggunakan susu asam dalam makanan yang dipanggang dapat menambah rasa. Susu asam dapat menjadi pengganti krim asam, mentega, dan yogurt. Dapat ditambahkan juga ke scone, biskuit, kue kering, serta roti jagung.

2. Campuran sup

Menambahkan sedikit susu asam dapat memberikan ketebalan dan kekayaan pada berbagai makanan cair seperti sup dan casserole.

3. Membumbui daging

Asam laktat dalam susu asam membantu melunakkan daging. Sebelum dimasak, rendam ikan atau daging dalam susu asam untuk direndam.

4. Pembuatan keju

Susu asam dapat diubah menjadi cottage atau keju petani.

5. Menambahkan kalsium ke tanaman

Tanaman di dalam pot, terutama tanaman tomat, membutuhkan kalsium. Jadi, encerkan susu asam dengan air dan tuangkan ke atasnya.

6. Makanan hewan peliharaan

Susu asam juga bisa diberikan sebagai makanan hewan peliharaan. Oleh karena itu, mencampur sedikit susu dalam makanan mereka akan menambah kalsium dan protein dalam makanan.

7. Saus salad

Jika krim asam tidak banyak tersedia, maka kita dapat menggunakan susu asam sebagai gantinya untuk membuat saus seperti keju biru.

Editor
Selly

Baca Juga

Back to top button