Award of Excellence Sinematek untuk Film Bumi Manusia

Abadikini.com, JAKARTA – Penghargaan Keunggulan Archive Value Film (Film Bernilai Kearsipan) berupa Award of Excellence Sinematek Indonesia (AESI) diberikan kepada film Bumi Manusia produksi Falcon Film di Kemang Village XXI, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Tanda penghargaan diserahkan oleh Akhlis Suryapati (Kepala Sinematek Indonesia) dan Sonny Pudjisasono (Yayasan Pusat Perfilman H Usmar Ismail) dan diterima oleh sutradara Hanung Bramantyo didampingi Salman Aristo (penulis skenario), Satrio Budiono (musik), dan Rahmat Syiaful (kameraman).

Menurut Akhlis Suryapati, Film Bumi Manusia yang diangkat dari novel karya Pramudya Ananta Toer dinilai oleh Sinematek Indonesia sebagai film yang memiliki keunggulan untuk diarsipkan, karena bermuatan nilai-nilai sejarah, budaya, kearifan lokal, dan juga memiliki kaidah sinematografi yang memadai.

“Film ini akan bermanfaat untuk rentang waktu yang panjang hingga masa-masa mendatang, sebagai sumber riset, penelitian, kajian, apresiasi, dan semacamnya,” kata Akhlis Suryapati.

Akhlis Suryapati mengatakan, AESI merupakan program dari Sinematek Indonesia yang dimulai tahun 2019 ini, serta diupayakan menjadi tradisi dari pusat arsip film dan data perfilman satu-satunya di Indonesia itu.

“Film dengan kriteria tertentu, memiliki keunggulan dalam kearsipan, karena akan menjadi referensi dan bahan riset untuk masa panjang ke depan,” kata Akhlis Suryapati.

“Sinematek Indonesia merasa perlu memberikan apresiasi secara khusus terhadap film dengan kriteria tersebut.” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Hanung Bramantyo menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang baru pertamakalinya diterima itu. “Penghargaan ini untuk semua kru pendukung yang terlibat, karena saya tidak bisa apa-apa tanpa mereka,” kata Hanung Bramantyo.

“Terutama penghargaan ini juga untuk Pramudya Ananta Toer. Marilah dalam suasana peringatan Hari Kemerdekaan ini kita mengheningkan cipta untuknya.” Sambung Hanung Bramantyo.

Editor
M Saleh

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker