Wukuf Berakhir, Jemaah Bergerak ke Muzdalifah

Abadikini.com, JAKARTA –

Jutaan jemaah haji dari berbagai penjuru dunia mulai bergerak dari Arafah ke Muzdalifah. Usai melaksanakan wukuf di Arafah, jemaah secara bergelombang diberangkatkan dari tenda-tenda di Arafah menuju Muzdalifah.

Jemaah haji akan melaksanakan mabit (berdiam diri) di Muzdalifah sembari mengumpulkan batu kerikil yang nantinya akan digunakan melempar jumrah. Jemaah berada di Muzdalifah hingga lewat tengah malam dan langsung menuju Mina untuk melempar jumrah.

Untuk jemaah haji Indonesia juga telah diberangkatkan sebelum salat Maghrib, sekira pukul 17.30 waktu Arab Saudi. Sebelum itu, PPIH Arab Saudi telah memberangkatkan petugas haji Daker Mekah untuk berada lebih awal di titik mabit pos 1 hingga 11 di Muzdalifah.

“Pada prinsipnya seluruh petugas PPIH Arab Saudi pada setiap titik sasaran jemaah, harus lebih awal datang dan berada untuk mempersiapkan diri memberikan layanan kepada jemaah haji kita di setiap sasaran,” kata Kepala Satuan Operasi Armuzna, Jaetul Muchlis di Arafah, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Kemudian, untuk PPIH Arab Saudi untuk Satgas Mina yang berjumlah 1.072 orang, telah diberangkatkan ke Mina sekira pukul 16.00 Was. Mereka akan ditempatkan di pos-pos stasioner yang ada di Mina dan Jamarat, serta  juga sektor-sektor adhoc yang ada di Mina.

Untuk pergerakan akhir jemaah dari Arafah ke Muzdalifah, Muchlis mengaku masih sulit memprediksi, karena semua proses pendorongan jemaah masih berjalan. Untuk rute Arafah-Muzdalifah, bus yang dikerahkan per maktabnya sebanyak 6 bus dan akan dimaksimalkan setiap tripnya membawa penumpang. “Mudah-mudahan tidak sampai dini hari, jam 1 dini hari sudah clear di Arafah ini,” ujarnya.

Setelah mabit di Muzdalifah, jemaah akan didorong ke maktab tenda-tenda jemaah di Mina. Diharapkan pukul 02.00 Was jemaah sudah digeser menuju Mina dan menempati tenda-tenda yang telah disiapkan. “Kita berharap mudah-mudahan Muzdalifah sudah clear sebelum pagi, sudah terdorong semuanya ke Mina,” terang Muchlis.

Editor
M Saleh
Sumber Berita
VIVA
Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close