Dana ‘Siluman’ Transfer Arsenal

Abadikini.com, JAKARTA – Sepak terjang Arsenal pada bursa transfer jelang musim baru Liga Inggris menarik perhatian banyak pihak. Disebut hanya punya dana 49 juta euro atau sekitar Rp780 miliar untuk belanja pemain, The Gunners malah menggelontorkan dana transfer lebih dari yang diperkirakan.

Sejauh ini Arsenal sudah mendatangkan tiga pemain baru ke Stadion Emirates yakni Nicolas Pepe, William Saliba, dan Gabriel Martinelli. Untuk ketiga pemain tersebut, tim London Utara harus mengeluarkan dana 84,7 juta euro (Rp1,3 triliun).

Pepe didatangkan dari Lille dengan nilai pembelian mencapai 80 juta euro atau Rp1,2 triliun. Arsenal akan membayar biaya transfer Pepe melalui skema cicilan dengan alasan keterbatasan dana.

Skuat asuhan Unai Emery akan membayarkan dana 20 juta euro atau Rp334 miliar ke Lille lebih dulu. Sedangkan sisanya 59 juta euro (Rp939 miliar) akan dicicil selama empat tahun dengan angsuran per tahun Arsenal ke Lille sebesar 14 juta euro (Rp222 miliar).

Arsenal juga membeli Saliba dari Saint-Etienne seharga 30 juta euro (Rp477 miliar) dan penyerang asal Brasil berusia 18 tahun Gabriel Martinelli yang dibeli seharga Rp106 miliar (6,7 juta euro).

Jika mengacu dana transfer yang sudah dikeluarkan sebesar 84 juta euro, biaya belanja pemain Arsenal naik 72,8 persen dari dana 49 juta euro yang kerap muncul di media Inggris.

Dana transfer Arsenal berpotensi membengkak karena pihak klub berencana menambah kekuatan seiring tercapainya kesepakatan dengan pemain Celtic FC, Kieran Tierney seharga 27 juta euro atau setara Rp468 miliar. Bek 22 tahun yang kabarnya dikontrak selama lima tahun itu bakal melakukan tes medis di hari terakhir bursa transfer, Kamis (8/8) malam WIB.

Selain itu, nama David Luiz juga berpeluang besar jadi wajah baru di Stadion Emirates. Luiz diketahui absen latihan bersama Chelsea dan manajer Frank Lampard tak keberatan melepas pemain asal Brasil tersebut. Arsenal harus merogoh kocek 5,4 juta euro atau Rp86 miliar untuk sang pemain.

Besarnya pengeluaran transfer Arsenal berbanding terbalik dengan dana yang masuk dari hasil penjualan pemain. Tim London Utara hanya mendapatkan 17,7 juta euro dari penjualan empat pemain.

Krystian Bielik dijual seharga 8,20 juta euro (Rp130 miliar), Laurent Koscielny ke Bordeaux senilai 5 juta euro atau Rp79,6 miliar, David Ospina ke Napoli sebesar 3,5 juta euro atau Rp55,7 miliar dan Rp15,9 miliar yang berasal dari penjualan Takuma Asano ke Partizan Belgrade.

Dana transfer yang dikeluarkan Arsenal pada awal musim ini juga lebih besar dibandingkan musim lalu. Di musim perdana Emery, pihak klub hanya mengeluarkan sekitar 80 juta euro untuk mendatangkan Lucas Torreira, Matteo Guendouzi, Bernd Leno, Sokratis Papastathopoulos, dan meminjam Denis Suarez pada pertengahan musim lalu.

Editor
Novel D
Sumber Berita
CNN
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button