Bantaeng Kembali Raih Predikat Kabupaten Layak Anak

Abadikini.com, MAKASSAR – Kabupaten Bantaeng di bawah pemerintahan Ilham Syah Azikin-Sahabuddin kembali menoreh prestasi. Daerah berjuluk Butta Toa ini kembali meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA), Rabu, (24/7/2019).

Penyerahan penghargaan ini dilakukan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sulsel, Askari mengatakan, Kabupaten Bantaeng menjadi salah satu daerah dari 14 Kabupaten penerima KLA di Sulsel. Dia mengatakan, ada 24 indikator penilaian KLA. Secara umum dapat dilihat dari pemenuhan hak sipil dan pelayanan informasi bagi anak.Indikator lainnya adalah pertimbangan keikutsertaan dan partisipasi anak dalam pembangunan.

“Intinya, dilihat dari layanan dasar untuk kesejahteraan, pendidikan hingga kesehatan anak,”jelas dia.

Puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2019 dipusatkan di Kota Makassar. Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin, Rabu (24/07/19).

Dia didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Sri Dewi Yanti. Tampak pula Kadis PMDPPPA Kabupaten Bantaeng, Chaeruddin Arsyad serta Gugus Tugas Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), diantaranya Israwati Aminah dari Bappeda dan Rosnaeni selaku Kasi Pengumpulan Data dan PUG DPMDPPPA.

Beragam interaksi dengan ribuan anak berlangsung selama perayaan di Lapangan Karebosi, Kota Makassar. Tak luput perhatian Ilham Azikin dan Sri Dewi Yanti berbaur dengan perwakilan anak, duta anak nasional dan forum anak daerah dari Bantaeng yang lazim disebut Forum Anak Butta Toa (FABT).

Tak tanggung-tanggung, pihak panitia yang dimotori Kementerian PPPA RI bekerja sama dengan DPPPA SulSel menyediakan berbagai booth yang menampilkan ciri khas anak berbasis kearifan lokal. Di antaranya permainan rakyat, tarian, seni musik, olah raga tradisional dan juga permainan asah otak yang mengedepankan keakraban.

Ilham Azikin yang menyempatkan berbincang ringan dengan anak Bantaeng menyampaikan harapannya semoga kreatifitas dan prestasi anak Bantaeng terus meningkat dari hari ke hari.

“Saya harap kreatifitas dan prestasi senantiasa kita tingkatkan di masa mendatang”, ujar Ilham.

Bupati yang punya kedekatan khusus dengan anak ini tampak kagum dengan FABT yang hingga kini menggaung namanya di Indonesia. FABT di tahun sebelumnya tercatat sebagai Forum Anak Daerah (FAD) Terbaik di Indonesia.

Editor
Muhammad Saleh
Topik Berita
Back to top button