Heboh Kerupuk Kulit Babi Berlabel Halal Ternyata Hoaks

Abadikini.com, JAKARTA – Beredar sebuah postingan berupa foto produk kerupuk kulit babi yang berlabel halal dengan narasi menyalahkan Wakil Presiden (Wapres) terpilih Ma’ruf Amin yang tak pantas dicoblos.

Dalam postingan tersebut tertulis, “Tugas Wapres apa sih, katanya MUI. Kok yang beginian bisa lolos? Walaupun Label halalnya bukan dari MUI tapi sudah merendahkan Al’Quran dan Islam nih,”.

Posting tersebut, langsung dinyatakan hoaks oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pusat. Karena, faktanya foto tersebut adalah foto yang telah melalui proses editing karena apabila dibandingkan dengan foto produk yang asli tidak nampak logo halal.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali I Nyoman Sujaya saat dikonfirmasi membenarkan adanya isu hoaks kerupuk kuli Babi yang beredar di sosial media tersebut.

“Itu sumber informasinya dari Kominfo Pusat. Dan secara rutin Kominfo pusat menyampaikan mana hoaks mana tidak (Hoaks),” kata Sujaya saat dikonfirmasi via telepon, Kamis (11/7) malam, dikutip Merdeka.

Sujaya juga menjelaskan, untuk di Bali belum ditemukan kerupuk kulit babi yang berlabel halal tersebut.

“Belum ada, itu kewenangan di pusat dan tetap kita pantau. Itu info dari kominfo pusat,” ujarnya.

“Iya hal-hal yang begini, supaya kita cermati dan hati-hati dan jangan terlalu ceroboh untuk menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya,” tutup Sujaya.

Editor
Muhammad Irwan

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker