Catat, Begini Cara Yang Harus Dilakukan Jika Menerima Berita Hoaks

Abadikini.com, JAKARTA – Donny Budi Utoyo Ketua Umum Siberkreasi mengungkapkan cara ketika menerima berita hoaks.

Melansir insert live Rabu (7/2/2024) Donny mengungkapkan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan saat mendapat berita palsu salah satunya dengan mengecek sumber keaslian berita tersebut.

“Kalau dapat berita, kalau infonya belum tentu benar jangan langsung disebar ini. Gibah enggak usah disebarin,” beber Donny dalam Talkshow Ada Apa Dengan Digital yang diselenggarakan Trans Media di Balai Sarbini, Jakarta pada Rabu (7/2).

Masyarakat juga bisa memastikan keaslian berita melalui situs https://linktr.ee/cekhoaks.

“Untuk tahu benar atau enggak, buka selalu Cek Hoaks, itu udah ada engine khusus kita ambil database dari seluruh informasi. Kita pakai itu, kita cari,” ucapnya.

Selain itu Puadi anggota Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu juga membuka aduan dan laporan terkait penyebaran berita hoaks soal pemilu.

“Memang Bawaslu dalam proses mekansime masuk laporan pelanggaran tentang hoaks. Kita kenal istilah penelusuran, kita ada aplikasi IMM, jadi teman-teman, buat pemirsa, kalau ada informasi yang hoaks dalam bentuk apapun bisa lapor ke Bawaslu,” beber Puadi.

“Kita ada IMM.bawaslu.go.id. Jadi begini, kalau ada informasi hoaks itu kemudian dengan IMM itu mudah mana hoaks mana tidak,” sambungnya.

Talkshow Ada Apa dengan Digital digelar pada hari ini Rabu (7/2) dengan menampilkan sejumlah narasumber pemerintah dan korporasi serta artis.

Transmedia berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk membahas soal maraknya berita palsu atau hoaks yang tersebar di dunia digital jelang Pemilu 2024.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker