5 Cara Agar THR Tidak Lenyap Saat Lebaran

Abadikini.com, JAKARTA – Menjelang Lebaran para pekerja sumringah karena dapat berkah dari Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan mereka bekerja. Kerap kali, uang THR tersebut hanya numpang lewat alias Boros.

Untuk kamu yang tiap tahun alami THR bocor, berikut ini tips menggunakan THR dengan bijak antara lain:

1. Membuat Daftar Belanja

Biasanya kebiasaan kurang baik jika dapat THR langsung di Belanjakan semuanya tanpa pikir panjang. Bagi kamu berniat THR mau utuh hingga pasca lebaran maka buatlah daftar Belanja sesegera mungkin. Buatlah catatan berapa anggaran yang perlu disisihkan untuk tabungan pasca Lebaran.

2. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Meski sudah dicatat, namanya kalau sudah pegang uang secara tunai pasti ada saja pembelian di luar catatan. Bila mendapat THR nantinya, sebaiknya langsung disetor ke rekening pribadi dan kurangi pemakaian uang tunai.

3. Diskon Wajib Hukumnya!

Biar THR tidak defisit, maka barang diskon atau promo sudah pasti jadi opsi wajib. Biasanya promo terbanyak ada ditawarkan melalui online.

4. Jangan Kesetanan Sama Barang

Sudah menjadi tradisi para penjual perang promo, baik secara offline maupun online menjelang Lebaran sehingga mendorong hasrat kita untuk berbelanja. Biar THR nggak numpang lewat, pikirkan barang yang benar-benar kamu inginkan atau butuhkan.

Jangan sampai, barang yang sudah ada, semisal ponsel belum rusak sudah ingin beli dengan alasan tertarik dengan spesifikasi yang ada dalam produk tersebut.

5. Silahturahmi dan Rekreasi

Beli barang baru saat dapat THR sebenarnya sudah merupakan budaya yang mengakar pada masyarakat. Padahal, THR bisa disimpan untuk kebutuhan berikutnya dan bisa menjadi tabungan masa depan.

Agar tidak terpengaruh dengan fenomena sosial ini, maka cobalah manfaatkan waktu untuk silahturahmi dengan teman dan keluarga sehingga kita melupakan berbelanja barang baru saat dapat THR.

Editor
Selly P
Sumber Berita
akurat

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker