Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara Terpilih

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara terpilih, Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Prosesi diawali dengan penyerahan petikan surat keputusan presiden oleh Presiden kepada Abdul Gani-Al Yasin Ali di Ruang Kredensial, Istana Merdeka. Kemudian, pasangan ini bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan kirab menuju Istana Negara.

Prosesi pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat Keputusan Presiden Nomor 38/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara periode 2019-2024.

Setelah itu, dikutip dari MI, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Jokowi diikuti Abdul dan Al Yasin.

Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali saat pilkada diusung oleh PDI-P dan PKPI. Keduanya meraih total suara sebanyak 176.669 berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi.

Editor
Sulasmi

Baca Juga

Back to top button