Sering Digambar Wajah Jelek dan Aneh, Jokowi: Cucu Saya Marah

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak mempermasalahkan kritik tajam dari media hingga wajahnya dibuat aneh di sampul media. Tetapi sang cucu kerap komplain melihat wajah mbahnya yang ditampilkan buruk di media.

Hal ini ia ucapkan saat menghadiri puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

“Saya juga sering dikritik tajam, ada gambar wajah saya yang jelek-jelek dan aneh-aneh menjadi sampul media, sampul majalah, dan media sosial, tapi itu tidak apa-apa,” ucap Jokowi.

Ia melanjutkan tak mempermasalahkan hal itu lantaran menjunjung tinggi kebebasan pers dan kebebasan berpendapat.

“Itu jadi bagian penghormatan saya terhadap kebebasan pers, kebebasan berekspresi, dan kebebasan berpendapat,” katanya.

Jokowi mengakui bahwa tantangan yang dihadapi insan pers cukup berat di era digital, oleh karena itu pemerintah terus mendukung ekosistem yang tetap menghormati kebebasan pers.

Sebagai bentuk dukungan, Jokowi juga telah menandatangani Perpres tentang tanggung jawab platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau Perpres Publiser Rights.

Ia menyebut dasar perpres ini, yakni jurnalisme berkualitas dan keberlanjutan media konvensional terus menjadi perhatian pemerintah.

“Setelah sekian lama dan dinanti-nanti serta setelah melewati perdebatan panjang, akhirnya kemarin saya tanda tangani Perpres Publisher Rights,” ucap Jokowi.

Jokowi menyebut Perpres ini tidak dimaksudkan untuk mengurai kebebasan pers karena lahir dari inisiatif dan keinginan insan pers.

“Pemerintah tidak mengatur konten pers, tetapi pemerintah mengatur hubungan bisnis antara perusahaan pers dan platform digital dengan semangat untuk tingkatkan jurnalisme yang berkualitas,” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker