Jokowi Kunjungi Lokasi Calon Ibu Kota Negara di Kaltim

Abadikini.com, BALIKPAPAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuktikan keseriusan pemerintah dalam hal pemindahan ibu kota dengan meninjau langsung lokasi di Kalimantan Timur (Kaltim), satu dari tiga provinsi yang diunggulkan.

Jokowi menyebut ukuran pemerintah dalam menentukan wilayah yang cocok menjadi ibu kota negara tidak hanya soal efisiensi anggaran dan infrastruktur.

“Tapi kan kajian itu tidak hanya urusan infranstruktur, ada sosiologis, kajian sosiopolitiknya seperti apa. Itu yang perlu dipertajam. Kemudian, lingkungan dan kebutuhan air seperti apa. Apakah jauh dari sisi kebencanaan, banjir atau gempa bumi,” kata Jokowi di Balikpapan, Kaltim, Selasa (7/5/2019).

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan diperlukan pengamatan langsung selain kajian yang sudah dibuat tim, dan saat ini semuanya masih dikalkulasi.

Jokowi menyebut di Samarinda ada airport, Balikpapan juga memiliki airport sehingga tidak perlu dibuat lagi. Pelabuhan juga sudah ada sehingga bisa menghemat anggaran.

“Saya bicara apa adanya, fasilitas di Provinsi Kaltim ini sangat mendukung terutama ada airport, kemudian jalan tol tahun ini sudah jadi,” ujar Jokowi.

  • 125
    Shares
Editor
Tonny F
Sumber Berita
beritasatu
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button