Ini Rute Lengkap MRT Jakarta, Lebak Bulus-HI Cuma 30 Menit

Abadikini.com, JAKARTA – Mass Rapid Transit (MRT) resmi mulai operasional terbatas dalam rangka uji coba publik pada 12 Maret sampai 24 Maret 2019. Dalam uji coba, masyarakat sangat antusias menyambut transportasi massal tersebut. Tercatat pada hari pertama uji coba sebanyak 4.000 orang mencoba MRT secara gratis.

Berikut ini detail informasi mengenai MRT Jakarta yang sudah mulai beroperasi:

1. Perjalanan Lebak Bulus-HI Hanya 30 Menit

Hadirnya MRT Jakarta diprediksi bisa mengurangi kemacetan sekitar 30 persen. Bahkan untuk rute Lebak Bulus-Bundaran HI dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. MRT sendiri akan beroperasi setiap hari mulai pukul 05.30 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Dengan demikian dapat mengubah pola mobilitas masyarakat yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi beralih ke transportasi publik.

2. Melewati 13 Stasiun

MRT Jakarta direncanakan beroperasi akhir Maret 2019 secara penuh. Pengerjaan fase 1 ini melalui 13 stasiun dengan panjang lintasan 16 kilometer. Ke-13 stasiun itu terdiri dari tujuh stasiun layang yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.

Sementara itu, enam stasiun bawahnya yakni Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas serta Bundaran HI. Meski masih masa uji coba, semua stasiun MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI maupun sebaliknya telah beroperasi.

“Dari Stasiun Lebak Bulus, MRT Jakarta mulai berangkat pukul 08.00 WIB, sedangkan dari Stasiun Bundaran HI mulai pukul 08.03 WIB. Namun, kereta akan ada setiap 10 menit sekali,” kata Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta, William Sabandar.

Infografis Rute MRT 2019. Foto: Merdeka.com

3. Tarif MRT

Beberapa pekan menjelang operasional MRT secara penuh, tarif MRT masih dalam kajian. Belum ada keputusan resmi.

DPRD dan Pemprov DKI Jakarta tengah menggodok tarif MRT yang pas untuk masyarakat. Ditargetkan dalam pekan ini keputusan tarif MRT sudah final. Sebelumnya Pemprov DKI sudah mengusulkan ke DPRD tarif MRT besarannya pada kisaran Rp 8.500/10 km sampai Rp 10.500/10 km.

4. Faslitas Mewah MRT

Setiap stasiun akan memiliki beragam fasilitas mulai dari eskalator, elevator, dan tangga sebagai pilihan kemudahan bagi penumpang di area stasiun. Juga, area concourse akan berisi gerai komersial yang menyediakan beragam layanan yang dibutuhkan masyarakat untuk menunjang mobilitasnya. Lantai juga dilengkapi dengan tac tile untuk memudahkan mobilitas penyandang tuna netra.

Presiden Jokowi secara langsung mencoba MRT pada November 2018, Jokowi menceritakan pengalamannya menaiki MRT dari Stasiun Hotel Indonesia menuju Depo Lokomotif Lebak Bulus. Selama perjalanan, Jokowi mengaku selama perjalanan berjalan lancar. Meski MRT melaju dengan kecepatan 60 km/jam namun diakui kebisingannya tidak terasa.

“Gerbongnya nyaman dan tidak berisik. Berangkat dari Stasiun Bundaran HI, kereta ini melalui jalur bawah tanah sampai Stasiun Senayan, lalu jalur layang sampai Lebak Bulus dalam 30 menit. Insya Allah, MRT Jakarta rampung Maret 2019,” kata Jokowi.

Editor
Selly
Sumber Berita
Merdeka

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker