Kubu Prabowo Cs Panik, Hibur Diri dengan Survei Internal

Abadikini.com, JAKARTA – Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – Ma’ruf Amin (TKN Jokowi – Ma’ruf) menilai kubu Prabowo Subianto – Sandiaga Uno panik melihat survei terbaru SMRC yang menempatkan elektabilitas mereka tertinggal 20 persen dari petahana. Karena itu, kubu Prabowo meragukan kredibilitas SMRC.

Juru Bicara TKN Ace Hasan Syadzily mengatakan, wajar jika kubu Prabowo curiga dengan lembaga-lembaga survei yang memenangkan petahana dengan selisih di atas 20 persen seperti SMRC, LSI Denny JA, Cyrus Network, Populi Center, Indikator Politik Indonesia, dan lain-lain.

“Kenapa mereka curiga? Ya, karena mereka kalah jauh,” kata Ace dalam keterangan yang diterima, Senin (11/3/2019).

Untuk menutupi kekalahannya, lanjut Ace, mereka membuat seakan-akan ada survei internal. Survei internal yang dibuat mereka ini tujuannya sederhana, untuk menghibur diri mereka sendiri dan memberikan motivasi kepada pendukungnya supaya tidak jatuh semangat.

“Lembaga survei SMRC itu melakukan survei tidak ada kaitannya dengan kami. Mereka independen dalam melaksanakan survei. Hasilnya sama dengan lembaga-lembaga survei yang lain,” kata Ace.

Politikus Partai Golkar ini justru menyampaikan, patut dicurigai jika ada hasil survei yang berbeda dengan tujuh lembaga survei lainnya. Menurut dia, menilai lembaga survei itu harus berdasarkan atas rekam jejaknya.

“Publik perlu kritis terhadap hasil survei dari lembaga survei yang partisan. Lihat dulu track record lembaga survei tersebut. Sandingkan dengan hasil lembaga survei yang lain. Kalau hasil surveinya nyeleneh sendiri patut diduga lembaga survei tersebut sedang membangun framing politik,” kata dia.

Editor
Tonny F

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker