Kapolres Tidore Rapat Dengan Tokoh Agama Sikapi Masalah GMDM

Abadikini.com, TIDORE – Kepala Kepolisian (Kapolres) Tidore Kepulauan AKBP. Doly Heriyadi,S.I.K.,M.Si, melakukan rapat Koordinasi antara Pemerintah Kota Tidore yang diwakili Badan Kasbangpol serta Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Tidore yang dilaksanakan di ruang Kapolres Tidore Kepulauan, guna menyikapi kegiatan Sosialisasi Bakornas GMDM yang sudah berlangsung dibeberapa sekolah yang ada di Kota Tidore, Jumat (1/3/2019).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Ketua MUI Kota Tidore yang juga sebagai Ketua FKUB Kota Tikep, KH. M.Saleh Yasin S.Ag, Kabid Wasbang Badan Kesbangpol Kota Tidore Fahri Achmad, Anggota FKUB  Dra.Hj.Farida Djohan, Anggota FKUB, Pendeta Portinatus  Selong, S, Th, Kasat Intelkam Polres Tidore AKP. M.Husni Hasan, dan KBO Binmas Polres Tidore Kepulauan IPTU.Sulaiman Fatah.

Pertemuan Kapolres Tidore dengan Pemerintah Kota Tidore dan Tokoh Agama ini  terkait permasalahan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Bakornas Gerakan Mencegah Dari Pada Mengobati (GMDM) yang telah terjadi wilayah Kota Tidore Kepulauan kemarin, untuk itu dalam pertemuan tersebut Kapolres Tidorre mengatakan kepada tokoh agama untuk bisa bersama – sama menyikapi secara arif dan bijaksana dalam menyelesaikan permasalahan dimaksud serta bisa meredam mendinginkan  kemarahan masyarakat khususnya masyarakat Tidore Kepulauan agar tidak terpancing dengan situasi yang berkembang saat ini yang bertujuan merusak tatanan persatuan dan kesatuan bangsa, ini bisa dijadikan peluang oleh oknum yang tidak menghendaki wilayah Tidore  aman dan kondusif.

“Saya sudah mengambil langkah – langkah terkait dengan permasalahan ini, masyarakat agar  percayakan sepenuhnya kepada pihak Kapolisian untuk penanganaanya sesuai hukum yang berlaku, untuk itu Polres Tidore mohon dukungan seluruh element masyarakat untuk bantu dan mendukung Polri, saya berharap kejadian di wilayah Kota Tidore ini tidak terjadi seperti di Pulau Morotai, yang nantinya akan berdampak di wilayah Kota Tidore,” kata Kapolres.

Lanjut Kapolres, untuk  itu dengan adanya pertemuan ini saya berharap nanti ada  kesepakatan bersama untuk bersama – sama membuat deklarasi dengan harapan adanya kesamaan visi dan misi dalam memecahkan dan meredam permasalah ini bersama, saya mengharapkan situasi kambtibmas di Tidore Kepulauan ini senantiasa damai, aman, nyaman dan kondusif.

Selain itu  Ketua MUI Kota Tidore  sekaligus selaku Ketua FKUB Kota Tidore, KH.M.Saleh Yasin, juga menyampaikan hal sama dengan  usulan Kapolres Tidore Kepulauan untuk segera membuat Deklarasi atau Pernyataan bersama,” Mungkin sekembali dari sini, semua pengurus FKUB bisa menyampaikan  ke masyarakatnya  masing – masing, untuk tidak mudah terprovokasi atau termakan issu-issu sara yang akan merugikan kerukunan umat beragama, khususnya di wilayah Kota Tidore Kepulauan,” ujar KH.M.Sale Yasin.

Hal senada juga disampaikan oleh Pendeta Portinatus Selong, S.Th, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Tidore,yang tanggap dan cepat mengambil langkah awal terkait dengan masalah GMDM  sebelum berdampak luas ke wilayah Kota Tidore Kepulauan,” Saya juga berharap peristiwa di Pulau Morotai tidak berdampak kepada kerukunan umat beragama di wilayah Kota Tidore Kepulauan,” pinta Pdt. Portinatus Selong S.Th. (Afa)

Editor
Muhammad Saleh
Back to top button