Para Kiai di Sampang Dukung Jokowi-Ma’ruf, Aura Kemenangan Makin Kuat

Abadikini.com, SAMPANG – Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin melakukan konsolidasi di Sampang. Tujuannya untuk memperkuat pemenangan pasangan nomor urut 01.

Pertemuan konsolidasi digelar di empat titik, mulai dari pesantren hingga bersilaturahmi ke beberapa tokoh masyarakat. Di antaranya bertemu Pengasuh Pesantren Ponpes Attaroqqi Tsani KH Muchlis Alawy, para ibu nyai, dan sejumlah tokoh masyarakat. Konsolidasi dipimpin Ketua TKD Jatim Machfud Arifin,

Selain itu, juga digelar konsolidasi tertutup dengan puluhan kiai di Ponpes Darul Ulum. Tampak hadir KH Jakfar Yusuf, KH Lutfillah Ridwan, KH Fauzan Zaini, KH Zubaidi Muhamamad, KH Syafiudin Abdul Wahid, KH Mubasir Mahfud, KH Fauzan Zaini, KH Itqon Busyiri, KH Wasi Masrai, KH Luay Imam, dan KH Sholeh Sayuti.

“Setelah melihat semangat yang luar biasa dari seluruh elemen di Sampang, aura kemenangan makin kuat untuk Pak Jokowi dan KH Maruf Amin. Insyaallah Sampang berbalik arah untuk kemenangan 01,” ujar Machfud, Rabu (6/1/2019).

Pada Pilpres 2014, Prabowo Subianto menang di Sampang dengan perolehan hampir 75 persen. Machfud meyakini dengan kerja keras seluruh elemen pendukung, duet Jokowi-KH Maruf bakal mendapat dukungan signifikan di Sampang. Apalagi, KH Maruf Amin adalah ulama sepuh NU.

“Kiai Ma’ruf adalah ulama yang sangat dihormati. Mantan pemimpin tertinggi di NU. Tentu itu bakal membawa suara signifikan di Madura. Setelah Gus Dur, belum ada orang NU jadi presiden atau wapres. Gus Sholah belum berhasil, KH Hasyim Muzadi juga belum berhasil. Nah sekarang KH Maruf Amin jangan sampai gagal,” papar mantan Kapolda Jatim tersebut di hadapan para kiai dan santri.

Machfud sendiri mengaku telah menggerakkan jaringannya di Madura, terutama tokoh-tokoh masyarakat yang dikenal sangat berpengaruh di Pulau Garam tersebut. Tokoh-tokoh itu adalah jaringan yang telah dikenal Machfud sejak bertahun-tahun lalu.

“Di Madura ini pola patron dan klien masih sangat kuat. Selain kiai, ada tokoh-tokoh tertentu. Kalau simpulnya sudah ketemu dan terbuka, Insyaallah cepat. Dan alhamdulillah ini simpul-simpul yang telah kami jalin persahabatan lama sekali sudah saling berkonsolidasi,” jelasnya.

“Semuanya sepakat ke 01, bahkan yang dulu ke Prabowo pun sekarang sudah mendukung Jokowi,” imbuh Machfud.

Namun, Machfud enggan menjelaskan rinci tentang strategi detil setelah berkonsolidasi dengan berbagai jaringan di Madura.

“He he masak strategi diomongkan? Kan nanti pihak sebelah tahu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua NU Sampang KH Itqon Busyiri mengatakan, kini sudah saatnya tak boleh lagi kendor dalam memperjuangkan duet Jokowi-Maruf.

“Kiai, santri, bu nyai, semuanya di Sampang akan all-out untuk pasangan 01,” ujar KH Itqon Busyiri.

Editor
Muhammad Saleh
Sumber Berita
Detik

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker