Studi : Main Game PUBG di Kantor Bisa Tingkatkan Produktivitas

Abadikini.com, JAKARTA – Bermain gim bagi sebagian orang sudah seperti melakukan dosa. Mereka menganggap, bermain gim membuat seseorang jadi malas. Prasangkanya orang bermain gim cenderung untuk meninggalkan semua hal.

Premis ini tidak sepenuhnya benar. Sebuah studi baru dari Universitas Brigham Young (BYU) malah memiliki pendapat lain mengenai bermain gim.

Bagi mereka yang suka main bareng alias ‘mabar’ dengan teman sekantor, studi ini bisa jadi pembenaran. Para peneliti mendapati bahwa hanya dengan bermain PUBG atau Fortnite selama 45 menit bersama rekan sekantor, dapat meningkatkan produktivitas hingga 20 persen.

“Melihat lompatan besar ini, terutama untuk jumlah waktu yang mereka mainkan, sedikit mengejutkan,” kata rekan penulis dan profesor BYU, Greg Anderson.

“Perusahaan menghabiskan ribuan dan ribuan dolar untuk kegiatan membangun tim, dan kami pikir lebih baik membeli konsol gim,” ujarnya.

Penelitian ini dilakukan dengan merekrut 352 orang dan secara acak mengorganisasikannya ke dalam 80 tim. Peneliti juga memastikan tidak ada peserta yang memiliki kaitan satu dengan lainnya untuk meminimalisir kesalahan.

Tim tersebut kemudian menjalani tes yang dilakukan sebelum dan sesudah bermain gim bersama. Mereka menggunakan sistem bernama Findamine. Para peneliti menemukan, mereka yang bermain gim bersama memiliki skor akhir 520. Skor sebelum bermain bersama ada di angka 435.

“Video gim mungkin benar-benar menjadi alternatif yang layak, dan mungkin optimal untuk membangun tim,” kata pimpinan peneliti, Mark Keith.

Lebih lanjut, para peneliti mengklaim bahwa para peserta tidak perlu menjadi gamer kompetitif untuk melihat efek positif dari permainan tim. Bahkan mereka yang benar-benar baru pertama kali bermain gim bisa merasakan efek ini.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan efektivitas kerja adalah gim PUBG atau Fortnite. Para pemain diuji kemampuannya untuk membuat keputusan cepat dan bekerja sama dalam lingkungan yang menegangkan.

Pemain juga harus siap memberi dan menerima instruksi yang jelas dari rekan satu tim dan bekerja sama untuk mencapai satu tujuan. Mereka menguji penilaian pemain dan analisis situasi serta refleks mereka.

Sumber Berita
Tek ID
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker