KPU: Pilkada Serentak 2018 Berjalan Lancar

Abadikini.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengklaim Pilkada Serentak 2018 berjalan lancar dan sukses. Hal ini dinilai dari jumlah partisipasi pemilu yang meningkat dan temuan masalah yang minim.

“Secara umum proses penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di 171 daerah yang melibatkan total ada 381 satker (satuan kerja) semua berjalan lancar,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, (29/6/2018).

Arief menuturkan, partisipasi pemilih pada pilkada kali ini mencapai angka 73,24 persen dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 152.079.997 orang. Angka ini sudah dikurangi dari penundaan pemungutan suara dan pemungutan suara ulang di sejumlah TPS. 

Meski demikian, dia mengakui, masih ada sejumlah hal yang menjadi catatan KPU. Masih ada sejumlah kekurangan. 

Yakni, penundaan pemungutan suara akibat bencana dan lainnya. Beberapa daerah masih harus melakukan pemungutan suara ulang hingga distribusi logistik yang masih bermasalah.

Dari catatan KPU, sebanyak 14 daerah mengalami penundaan pemungutan suara. Derah tersebut ialah, Kabupaten Paniai, Kabupaten Nduga, Kabupaten Bone, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Yahukimo. 

Lalu, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Morowali, Kabupaten Kirom, Kabupaten Jayapura, dan Kota Tangerang. (ak.beng)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker