Dihadapan Dirjen Amerika dan Eropa Kemenlu RI, Ali Ibrahim Paparkan Rencana Besar Menuju Sail Tidore 2021

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim menerima kunjungan resmi Direktur Jenderal (Dirjen) Amerika dan Eropa Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia, Muhammad Ansar beserta rombongan di Ruang Rapat Walikota, Jumat, (27/4/2018). Kunjungan Dirjen tersebut dalam rangka koordinasi terkait persiapan Sail Tidore pada tahun 2021 mendatang.

Disela-sela pertemuan ini, Walikota Tidore Kepulauan memaparkan rencana dan program Sail Tidore 2021. Ali Ibrahim menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah menyiapkan berbagai program kegiatan dalam rangka menyambut Sail Tidore 2021.

“Tahun 2018 ini Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan akan gencar melakukan sosialisasi terkait Sail Tidore serta melakukan promosi dan presentasi di Kementrian Koordinator Bidang Maritim (Kemenko Maritim) RI dan Kementrian terkait lainnya tentang rencana usulan kegiatan dan penunjang infrastruktur Sail Tidore,” kata Ali Ibrahim, Jumat (27/4/2018).

“Sementara di tahun 2019 nanti Pemerintah akan melaksanakan event daerah dan juga promosi Sail Tidore, dan pada tahun 2020 akan digelar festifal Tidore serta finalisasi infrastruktur pendukung utama dan penunjang. dalam pemaparan tersebut Walikota berharap dukungan dari Kementrian Luar Negeri RI untuk Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam event Sail Tidore nanti,” tambahnya..

Sementara, Dirjen Amerika dan Eropa Kementrian Luar Negeri (KEMENLU) RI, Muhammad Ansar menyampaikan apresiasi terkait rencana maupun program Pemerintah Kota Tidore Kepulauan terkait Sail Tidore.

Ansar menegaskan bahwa, kedatangan Direktorat Jenderal KEMENLU RI ke Tidore, selain bersilaturahim juga ingin menjalin kerjasama serta mendukung Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam rangka event Sail Tidore 2021.

“Tidore tak hanya menjadikan moment ini sebagai seremoni saja tetapi harus mampu memanfaat moment ini untuk mengembalikan kejayaan Tidore sebagai salah satu factor yang mempengaruhi peradaban dunia khususnya Eropa. Untuk mewujudkannya harus menggalang dukungan dari berbagai pihak termasuk para akademisi di Kota Tidore Kepulauan maupun di Maluku Utara,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Amerika dan Eropa KEMENLU RI membawa serta Direktur Eropa I Dino R. Kusnadi, Kepala Subbag Organisasi dan Tata Laksana Juriani Nurhayati, Kepala Subbag Diseminasi dan Publikasi Arya Putubaya, Pejabat Fungsional Sturmius Teofanus Bate dan Bendahara Karina Widhia yang akan melihat langsung potensi dan fasilitas di Kota Tidore Kepulauan.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan shalat jumat bersama di Masjid Kesultanan Tidore dan silaturahim di Kadaton Kesultanan Tidore. (g.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker