Dulu Susah Sekarang Jadi Orang Terkaya di China, Ini Pelajaran Hidup Jack Ma

Jack Ma, pendiri Alibaba adalah sosok pria yang menginspirasi banyak orang di dunia. Kesuksesannya sempat diragukan banyak orang. Ide yang luar biasa hanya dianggap sampah dan sebagai sebuah kegilaan.

Namun, bermodal keyakinan, kemampuan, dan usaha yang luar biasa, Jack Ma mampu untuk sukses dengan Alibaba hingga saat ini.

Setiap manusia pasti memiliki jalan hidupnya masing-masing. Kita tidak bisa menuntut pada kehidupan untuk cerita yang indah. Namun, cerita yang indah dan menginspirasi bisa dibuat serta bisa diwujudkan. Semakin berkembangnya zaman membuat banyak sekali orang yang mengalami kesulitan dalam mencapai kesejahteraan hidup.

Ada banyak sekali orang-orang yang menganggur dan berpendidikan rendah. Hal tersebut harus bisa diubah melalui banyak cara. Cara yang utama untuk mengubah kemiskinan menjadi kesuksesan adalah keyakinan dan usaha dari diri sendiri. Jack Ma adalah sosok pria yang menginspirasi banyak orang di dunia.

Kesuksesannya sempat diragukan banyak orang. Ide yang luar biasa hanya dianggap sampah dan sebagai sebuah kegilaan. Namun, bermodal keyakinan, kemampuan, dan usaha yang luar biasa, Jack Ma mampu untuk sukses dengan Alibaba hingga saat ini. Anda ingin tahu seperti apa cerita di balik kesuksesan Jack Ma? Simak cerita hidup Jack Ma yang berikut ini.

1. Penolakan tiada henti, bukan akhir dari segalanya

Bagi Anda yang yang mudah sekali merasa kecewa, pesimis, dan merasa tidak berguna karena sering ditolak, ada baiknya janganlah larut dalam kondisi tersebut. Misalnya, setelah lulus dari universitas, Anda melamar di perusahaan dan mengalami penolakan. Dalam kondisi ini, Anda seharusnya berpikir ini hanyalah awal dan bukan sesuatu yang sudah hancur lalu putus asa serta tidak percaya diri lagi.

Kegagalan yang terjadi hanya satu, dua, atau tiga kali. Bukanlah sesuatu yang menghancurkan hidup atau masa depan Anda. Ambil saja contoh dari sosok Jack Ma, pria yang lahir pada 15 Oktober 1964 di Hangzhou ini sudah pernah menerima puluhan kali penolakan dalam bekerja.

Jack Ma terus berusaha hingga akhirnya memutuskan ide yang menurutnya sangat menarik dan bisa sukses, yaitu Alibaba. Anda juga pasti berpikir tidak mungkin Jack Ma bekerja sendiri untuk mendirikan Alibaba. Memang benar.

Jack Ma mengajak 24 rekannya untuk berdiskusi dalam mendirikan Alibaba. Hanya satu orang yang sependapat dengan ide yang dikeluarkannya. Pada saat Jack Ma akan mendirikan Alibaba, internet belum berkembang pesat seperti saat ini.

2. Jangan Berkomentar Apa-Apa Sebelum Mencoba

Terbatasnya internet di Cina membuat Jack Ma semakin terpacu dalam mengembangkan bisnisnya. Walaupun hanya ada satu orang saja yang mau sejalan dengannya, Jack Ma tidak merasa putus asa. Jack Ma memulai bisnis tersebut dalam keterbatasan internet dan hanya bermodalkan tekad serta keyakinan.

Cobalah untuk terus berusaha sesuai dengan pendapat Jack Ma. Sebab kesempatan tidak akan datang dua kali. Jika ingin mencoba sesuatu dalam usaha, cobalah dengan penuh percaya diri dan teruslah berpikir positif dalam menjalaninya. Jika gagal, itu hanyalah permulaan. Sebab kegagalan bukanlah akhir dari masa depan.

Dari cerita Jack Ma inilah, kita harus bisa belajar tentang usaha. Kita tidak akan tahu apa hasilnya jika tidak mencoba hal tersebut. Kita tidak akan tahu, manakah langkah yang akan membawa kita menuju pada kesuksesan. Jangan merasa lemah dan putus asa dalam mencoba sesuatu. Anggap saja kegagalan adalah pelajaran dari usaha dan kesuksesan adalah bonusnya.

3. Jika Hidup Miskin, Itu Adalah Kesalahan Sendiri

Jack Ma berpesan, kemiskinan itu Anda yang membuat dan bukan keadaan yang membuat. Manfaatkanlah masa produktif untuk mengejar sesuatu yang bermanfaat dan menguntungkan. Masa produktif sangat tepat untuk memulai kesuksesan agar nantinya Anda tidak perlu bekerja lagi pada masa tua.

Selama Anda masih muda, carilah pengalaman sebanyak mungkin agar nantinya mampu sukses di masa depan. Terimalah kesalahan yang Anda buat sendiri. Ambilah sebuah pelajaran dari kegagalan. Jika Anda gagal dalam satu kali usaha, cobalah lagi. Jika gagal lagi, bangkit dan coba lagi. Jjika Anda gagal, jatuh, atau mengalami penolakan, cobalah lagi hingga Anda sudah mencapai sebuah kesuksesan.

4. Ketakutan Hanya Membuat Kegagalan

Jack Ma hanyalah manusia biasa yang juga memiliki rasa takut gagal dan produknya tidak diterima publik. Namun, Jack Ma sadar jika ketakutan dalam dirinnya sendirilah yang menyebabkan ketidakmajuan. Pemikiran ini muncul ketika rasa takut datang dan dengan perlawanan yang kuat dari dalam dirilah yang mampu membuatnya berani hingga maju seperti saat ini. Pesan Jack Ma “Yakinlah pada diri sendiri. Sebab masa depan tergantung pada diri sendiri dan bukan orang lain.”

5. Berjuanglah untuk Masa Depan

Adakah orang yang mau membela atau membantu Anda saat terjatuh? Sedikit sekali, bukan? Tidak semua orang suka dengan Anda. Tidak semua orang senang dengan kesuksesan Anda dan itu yang harus Anda ingat. Tidak ada orang yang bisa membantu kesuksesan Anda selain diri sendiri. Jack Ma termasuk seorang pengusaha yang mau bekerja keras di tengah banyaknya penolakan dan diskriminasi akibat ide luar biasanya yang dianggap tidak berguna.

Namun, Jack Ma tetap bersikeras untuk meneruskan ide usahanya dan akhirnya sukses hingga hari ini. Pelajaran yang bisa Anda petik adalah perjuangan bukanlah hal yang mudah. Pasti ada pasang surut tentunya. Untuk menghadapi pasang surut tersebut, Anda wajib memiliki hati dan pola pikir yang terbuka, positif, dan mau untuk berjuang untuk masa depan yang sukses.

Apakah Salah Bermimpi Menjadi Orang Sukses dan Kaya?

Bermimpi untuk menjadi orang kaya, sukses, tersohor, dan memiliki peran dalam sosial adalah sesuatu yang baik. Mimpi itu bagaikan sebuah tangan yang mendorong dari belakang untuk maju dan meraih kesuksesan. Dengan bermimpi, Anda akan memiliki sebuah rencana masa depan dan tujuan masa depan.

Tugas Anda adalah mewujudkan mimpi tersebut agar bisa menjadi nyata. Buatlah catatan kecil dalam buku dan tuangkan mimpi Anda ke dalamnya agar bisa membacanya setiap hari dan memiliki kekuatan untuk mewujudkannya. (ak/okz)

Baca Juga

Back to top button