Soal Plt Gubernur dari Polri, Gerindra Tegaskan Siap Revisi UU Kepolisian

Abadikini.com, JAKARTA – Politikus Gerindra Desmond J Mahesa menduga ada upaya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo untuk meleburkan kembali kepolisian untuk di bawah Mendagri.

Hal ini mengenai wacana Mendagri yang ingin menunjuk langsung petinggi Polri untuk menjadi Plt Gubernur Jawa Barat dan Sumatra Utara.

“Kebanyak itu kepala polisi itu dibawah Kemendagri. Nah itu baru cocok. Yaudah. Enggak usah lagi dibawah presiden, dibawah Mendagri. Itu lebih tepat. Kalau itu yang diinisiasi,” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Jika Mendagri, kata Desmond, ingin mengembalikan polisi dibawah Mendagri tidak menjadi masalah. DPR siap melakukan revisi UU Kepolisian.

“Apa yang disampaikan Tjahyo, bahwa ke depan itu, lebih baik kepolisian itu dibawah mendagri. Ini yang dipesankan oleh Mendagri yang mengangkat polisi hari ini. Jadi kita akan ubah UU Kepolisian. Oke,” tandasnya.

Seperti diberitakan sejumlah media, Menteri Dalam Negeri mengusulkan Plt Gubernur Sumatera Utara dan Plt Gubernur Jawa Barat dari perwira tinggi aparat kepolisian pada Pilkada 2018.

Dua perwira tinggi Polri tersebut adalah Asisten Operasi Kapolri Irjen Mochamad Iriawan menjadi Plt Gubernur Jawa Barat serta Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin menjadi Plt Gubernur Sumatera Utara. (leo.ak/ts)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker