Hasil Survei Poltracking, PDIP Tertinggi Diikuti Gerindra dan Golkar

Abadikini.com, JAKARTA – Elektabilitas  PDI Perjuangan (PDIP) paling tinggi dalam hasil survei yang dibaru saja dirilis Lembaga survei Poltracking Indonesia. Dalam rilis elektabilitas partai politik (papol) jelang Pemilu 2024 itu, terjadi persaingan ketat di papan tengah.

Survei Poltracking tersebut digelar secara nasional pada 1-7 Agustus 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Total 1.220 responden dilibatkan dalam survei yang memiliki margin of error +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Menurut Poltracking klaster survei ini diklaim menjangkau 34 provinsi se-Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. Untuk stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih. Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hasil survei Poltracking itu menjelaskan jika pemilu digelar saat survei dilaksanakan, maka PDIP meraih 20,4%, diikuti Partai Gerindra 10,5% dan Partai Golkar 9,5%. Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR dalam keterangan tertulis, dikutip, Kamis (1/9/2022).

“Hal lain yang perlu dicatat terkait elektabilitas partai politik, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) disebutkan bahwa ambang batas parlemen (parliamentary threshold) adalah sebesar 4%,” katanya.

Hanta Yuda mengatakan berdasarkan hasil survei itu, partai yang tidak lolos parliamentary threshold masih memiliki potensi meraih suara publik. “Survei ini menunjukkan partai-partai yang tidak lolos parliamentary threshold masih berpotensi meraih suara publik. Selain karena masih ada publik 14,3% yang tidak tahu, tidak jawab dan publik 4,7% merahasiakan jawaban, dinamika elektoral dan isu politik satu tahun ke depan menuju 2024 sangat berpengaruh pada naik-turunnya suara partai,” sambungnya.

Elektabilitas parpol:

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 20,4%
Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 10,5%
Partai Golongan Karya (Golkar) 9,5%
Partai Demokrat (PD) 8,6%
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 8,0%
Partai NasDem 6,7%
Partai Keadilan Sejahtera 5,2%
Partai Amanat Nasional 4,1%
Partai Persatuan Pembangunan 3,1%

Partai Persatuan Indonesia 1,9%
Partai Solidaritas Indonesia [PSI] 1,1%
Partai Bulan Bintang [PBB] 0,7%
Partai Beringin Karya [Berkarya] 0,6%
Partai Hati Nurani Rakyat [Hanura] 0,3%
Partai Gerakan Perubahan Indonesia [Garuda] 0,2%
Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia [PKPI] 0,1%
Tidak mau menjawab/ Merahasiakan jawaban 4,7%
Tidak tahu/tidak jawab 14,3%

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker