Pesona Wisata Pulau Tailana di Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil

abadikini.com, JAKARTA – Setidaknya ada sekitar 70 pulau yang menjadi bagian dari Kepulauan Banyak di Aceh Singkil. Menariknya, sebagian besar pulau di sana tak berpenghuni dan sebagian lagi hanya diisi oleh resort-resort sederhana yang langsung menghadap ke pantai. Karena itu, tak heran jika jejeran pulau yang ada di sana masih ‘perawan’ dan belum banyak tercemar.

Dari sekian banyak pulau yang ada, Tailana merupakan salah satu pulau yang terindah karena menyuguhkan pemandangan memesona nan eksotis, cocok untuk berlibur, serta sanggup meredakan penat dari segala rutinitas yang kian padat. Seperti apa pesona yang ditawarkan Pulau Tailana?

Untuk menuju ke lokasi ini, kamu tentu saja harus menuju Kepulauan Banyak terlebih dahulu. Dari Jakarta, lakukan penerbangan menuju Medan. Kenapa Medan? Sebab, akses tercepat ke Kepulauan Banyak melalui Medan. Sesampainya di Medan, langsung saja arahkan tujuanmu ke Aceh Singkil, tepatnya ke Pelabuhan Aceh Singkil. Estimasi perjalanan sekitar 8-10 jam.

Dari Pelabuhan Aceh Singkil kamu bisa menggunakan kapal feri dengan waktu tempuh 4 jam (keberangkatan 1 minggu sekali). Selain menggunakan kapal feri, kamu bisa mengandalkan transportasi rakyat dari Pelabuhan Jembatan Tinggi dengan tarif Rp 50.000 dan lama perjalanan sekitar 4 jam (jadwal keberangkatan setiap hari mulai pukul 7 pagi). Atau kamu bisa menyewa speedboat.

Sesampainya di Pulau Tailana, kamu bakal disambut pasir putih dan birunya laut bersih yang sanggup membius mata. Tak hanya itu, deburan ombak berbalut lambaian daun kelapa yang tertiup angin sepoi-sepoi dijamin bakal memuaskan hati selepas perjalanan panjang yang kamu lakukan untuk menuju lokasi ini. Dijamin ajib!

Tak sabar untuk segera melakukan serangkaian aktivias di lokasi wisata ini? Yuk, langsung saja nikmati sensasi snorkeling di sekitar Pulau Tailana yang menyenangkan. Untuk merasakannya, kamu bisa mengandalkan kapal-kapal kecil untuk mendatangi sederet pantai ajib yang memang berada di sekitar Pulau Tailana.

Selain snorkeling, kamu yang doyan surfing juga bisa dilakukan lho di lokasi wisata ini. Di Kepulauan Banyak ada dua titik ombak dengan ketinggian mencapai 6 meter.

Salah satunya berada Pulau Bangkaru, ujung Silingar, dan bagian selatan Pulau Tuangku. Tempat yang paling sering dikunjungi para peselancar adalah Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru. Lokasinya tak terlalu jauh dari Pulau Tailana. Kamu bisa menggunakan kapal-kapal kecil untuk menuju lokasi tersebut

Bagaimana tertarik menuju ke lokasi wisata ini? Jika iya, saat yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Banyak adalah sekitar Januari hingga Mei. Waktu tersebut merupakan waktu yang terbilang dengan cuaca bersahabat.

Walaupun Kepulauan Banyak merupakan tempat eksotis tetapi sayang sarana dan prasarana belum lengkap. Apalagi kekurangan transportasi antarpulau menyebabkan transportasi laut menjadi mahal. Meski mahal, ternyata ada sisi positifnya yaitu kebersihan kawasan ini terjaga. (gubr.ak/nn)

Baca Juga

Back to top button