PDIP lirik Irjen Anton Charliyan jadi Calon Gubernur Jawa Barat

abadikini.com, JAKARTA- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan nama Wakalemdiklat Polri Irjen Pol Anton Charliyan masuk dalam radar bakal calon yang akan diusung di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Ketua DPP PDIP Andreas Perreira mengatakan, Anton merupakan figur yang nasionalis. 

“Pak Anton sebagai figur nasionalis pluralis tentu masuk juga dalam radar PDI Perjuangan,” kata Andreas saat dihubungi merdeka.com, Jumat (6/10).

Namun, Andreas menyebut, Anton harus terlebih dahulu izin Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebelum ikut bertarung di Pilgub Jabar dan mendapat dukungan dari PDIP. 

“Tapi sebagai anggota bhayangkara negara beliau harus mendapat izin dulu dari atasannya,” tegasnya. 

Wakalemdiklat Polri Irjen Pol Anton Charliyan menyatakan kesiapannya terjun ke dunia politik dengan bertarung di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Tapi keinginan Anton maju harus terlebih dulu mendapat dukungan partai. Mantan Kapolda Jabar itu pun menanti partai yang ingin meminangnya.

“Kan saya juga perlu dukungan politik dan sosial,” kata Anton saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis (5/10).

Nama mantan Kapolda Jabar kerap dikait-kaitkan dengan PDIP sebagai partai penguasa di Jawa Barat. Disebut berkuasa karena keterwakilan kursi di DPRD Jabar paling banyak yakni 20. Keterwakilan ini jugalah yang bisa dijadikan syarat pengusungan calon gubernur dan wakilnya tanpa harus berkoalisi.

Anton mengaku belum ada komunikasi khusus dengan PDIP untuk membahas sikap politiknya di Pilgub Jabar. Dia tidak menolak jika mendapat dukungan politik dari PDIP. (ak.mdk)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker