Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia Perkenalkan Game Zakat pada Anak

abadikini.com, PEKANBARU – Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (LAZ IZI) Provinsi Riau memperkenalkan game zakat, pada anak-anak untuk memberikan pemahaman pada anak sejak usia dini agar mereka rajin berzakat.

“Anak-anak diajak untuk rajin berzakat agar mereka mengenal zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang lima, yang terkait dengan harta kekayaan, apalagi zakat sangat besar manfaatnya untuk kemaslahatan ummat,” kata Ketua Kunjungan LAZ IZI Riau Adin Sampurna saat berkunjung ke Kanwil Kemenag Riau, Kamis (24/8).

Dalam kunjungan tersebut Adin Sampurna membawa rombongan yakni Lindasari, Mustaqimah Nur dan beberapa anggota lainnya, disambut oleh Kabid Penaiszawa H.M. Saman,S.Sos, MSi yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Zakat H. Zulfdli, Lc, MA dan Staf Tri Kasbiati.

Menurut dia, Islam mengajarkan bahwa tidak sempurna iman dan ketaqwaan seorang muslim yang tekun beribadah shalat (hablumminallah saja), jika mengabaikan perintah menunaikan zakat.

Ia mengatakan, pelaksanaan zakat punya arti penting bagi seorang muslim agar ia tidak terlalu cinta kepada harta, meskipun harta itu dia sendiri yang mencarinya secara halal dan susah payah.

“Sikap cinta kepada harta memang merupakan salah satu sikap yang sangat sulit diatasi, hal itu karena sifat kikir telah mendarah daging pada diri suatu makhluk disebut manusia itu,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa menariknya game zakat ini bagi anak-anak karena dikemas seperti permainan monopoli yang menjelaskan tentang jenis-jenis zakat dan pertanyaan seputar zakat.

Kasi Pemberdayaan Zakat Kanwil Riau, H. Zulfadli Lc, MA mengatakan Kanwil Kemenag Provinsi Riau selaku instansi pembina pengelolaan zakat di Riau terus berupaya menggiatkan komunikasi sehingga pengelolaan zakat di Riau akan lebih terkendali dan tepat sasaran.

“IZI sebagai lembaga Amil Zakat diharapkan selalu mensosialisasikan pentingnya zakat kepada masyarakat sebagai instrumen yang akan meningkatkan ekonomi umat,” katanya.

Sedangkan sentuhan game zakat ini, katanya, merupakan upaya luar biasa untuk mengenalkan zakat ke anak sejak dini. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau juga aktif melakukan sosialisasi peran zakat ini pada beberapa media baik cetak seperti buku maupun media visual.

Pada kesempatan itu Kanwil Kementerian Agama dan IZI sepakat merencanakan kerjasama beberapa program pembinaan zakat di Provinsi Riau sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya zakat dalam kehidupan beragama dan sosial. (ant/ara/adm.ak)

Sumber: Serujambi

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker