Walikota Ali Ibrahim: Tol Laut Jawab Kebutuhan Masyarakat Tidore Kepulauan

abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, MH menyambut kedatangan KM. Mentari Expres yang berlabuh pertama kalinya di pelabuhan Trikora Goto, Kota Tidore kepulauan Jumat pagi (18/8/2017). Turut hadir beserta Walikota antara lain Wakil Ketua DPRD Ahmad Laiman diiringi Forkompinda beserta sejumlah Pimpinan SKPD

Mentari Expres merupakan salah satu kapal dari program tol laut yang menghubungkan kawasan Barat dan wilayah Timur Indonesia ini. Kapal yang dinahkodai Capt. M. Hasan Ridwan ini masuk perdana ke Tidore dengan membawa pengiriman 11 buah konteiner yang berisikan ayam beku dan sembako.

Walikota Ali Ibrahim mengaku sangat bergembira dengan kehadiran tol laut ini sehingga nantinya akan mampu menekan harga barang dengan daerah lain sehingga kebutuhan-kebutuhan masyarakat bisa terjawab.

“Kedatangan tol laut ini mungkin bagi daerah lain adalah hal biasa namun bagi kami adalah sebuah hal yang luar biasa, dimana kehadiran tol laut ini akan menjawab akan kebutuhan masyarakat di Kota Tidore Kepulauan,” kata Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim juga meminta kepada BUMD agar tanggap, sehingga visi Pemerintah dalam mewujudkan kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai kota jasa berbasis agro marine berjalan sesuai harapan

Sementara itu Kepala Cabang Mentari Line Havidz mengatakan, ini merupakan pertama kalinya tol laut sandar di Tidore. Dengan masuknya kapal tol laut ini terhitung setiap 23 hari sekali akan masuk ke Tidore.

Menurut dia, tarif memuat barang pada armada kapal tol laut tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan dengan ongkos angkutan barang melalui jasa kapal-kapal niaga.

Walikota Ali Ibrahim (tengah, memakai peci) saat Sandar perdana tol laut di pelabuhan Trikora Goto, Jumat (18/8/2017).

“Dengan masuknya kapal ini sangat menekan harga, jadi harga sangat murah. Dimana perbandingan antara memakai jasa reguler dengan pengiriman dari Surabaya ke Tidore per konteiner yang dikenakan tarif berkisar Rp.13,5 juta, tapi dengan tol laut ini hanya dikenakan biaya sebesar Rp.8,5 juta per konteiner sudah termasuk asuransi,”ujarnya.

Dia berharap dengan masuknya tol laut ini benar-benar dimanfaatkan oleh pengusaha di Tidore maupun di luar Tidore. (beng.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker