Hadiri Peringatan Hari Pramuka, Jokowi: Pramuka Jangan Tali Temali Saja

abadikini.com, JAKARTA – Presiden Jokowi menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-56 dan pembukaan Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (14/8/2017).

Joko Widodo yang datang berbusana lengkap Pramuka dan datang 1 jam sebelum kegiatan di mulai.

Ia ditemani Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, terlihat berkeliling lapangan upacara untuk menyapa peserta kegiatan Raimuna.

“Saya Pramuka, Saya Indonesia, Saya Pancasila, Buatlah Indonesia selalu bangga,” kata Jokowi dihadapan peserta upacara.

Jokowi meminta anak-anak Pramuka agar tak hanya terampil dalam tali temali dan membangun tenda. Anak-anak Pramuka diminta Jokowi agar juga dapat menggunakan teknologi dan juga media sosial secara positif.

“Didik adik Pramuka bukan hanya bangun tenda atau simpul tali. Harus pandu disiplin media sosial yang positif. Pakai cara kreatif yang dekat dengan gen milenial untuk rasa bangga dan cinta Tanah Air,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Lebih lanjut, ia juga meminta agar anak-anak Pramuka meningkatkan produktivitasnya, lebih kreatif, dan inovatif. Sehingga, dapat menciptakan terobosan-terbosan baru dan tidak terjebak dalam rutinitas yang monoton.

“Harus tinggalkan pendekatan lama yang tidak pas untuk digunakan saat ini. Bangkitkan rasa bangga muda pada Tanah Air sehingga tertanam dalam Pramuka,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan perkemahan merupakan metode yang efektif untuk menyatukan anak-anak muda dari berbagai daerah.

“Di bumi perkemahan ini segala perbedaan menjadi kekuatan, di bumi perkemahanlah anak-anak belajar tentang Indonesia dengan segala kebhinekaannya,” ujar Adhyaksa.

Kegiatan Raimuna Nasional di tahun ke-XI ini, bertema Pramuka Untuk Masa Depan Indonesia, Inovatif Kreatif Berkarakter akan berlangsungkan 13-21 Agustus 2017, di Bumi Perkemahan Nasional.

Raimuna Nasional diikuti oleh 12.000 Penegak dan Pandega berumur 16 – 25 tahun. Seluruh peserta hadir dari 34 Provinsi, 514 kabupaten dan kota.

“Inilah pertemuan generasi millenial dan generasi Z terlengkap. Mereka (peserta) datang ke Jakarta dengan penuh perjuangan, bahkan ada yang naik kapal laut selama 5-6 hari,” ujar Adhyaksa Dault, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Peringatan Hari Pramuka ke-56 sekaligus pembukaan kegiatan Raimuna dibuka oleh upacara adat Bhinneka Tunggal Ika dan Marching Band dari Sekolah Penerbangan Tangerang.

Selain Jokowi, hadir juga dalam acara ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu, hadir pula Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal (pol) Tito Karnavian, dan Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri. (beng.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker