Pesona Curug Cikaso dengan Kolamnya yang Menakjubkan

abadikini.com – Bayangkan Anda berada pada sebuah kolam yang berisi air bewarna hijau kebiru-biruan. Disebelahnya terdapat air tejun yang dihiasi dengan dinding alami bebatuan yang besar. Anda juga bisa berenang atau hanya sekedar mencoba kesegaran air yang ditawarkan. Inilah Air terjun Cikaso, air terjun nan megah di daratan Sukabumi.

Wefie di depan Curug Cikaso Sukabumi.

Air terjun Cikaso atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya Curug Cikaso berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade. Letak air terjun ini sekitar 60 km arah selatan dari Kota Sukabumi. Perjalanan memakan waktu hingga mencapai 2 jam. 

Walaupun membutuhkan waktu dan cukup menguras tenaga, sesampainya di air terjun ini Anda akan berdecak kagum dengan pesona alam yang terbentuk sekitar ribuan tahun yang lalu ini.

Sampai di area air terjun, pengunjung dapat memilih rute yang dinginkan untuk melihat air terjun dari dekat. Terdapat 2 rute yang dapat digunakan yaitu menggunakan perahu dengan waktu tempuh 5 menit dan berjalan kaki dengan memakan waktu sekitar 25 menit.

Air Terjun Cikaso memiliki 3 air terjun yang berdampingan dan menempel pada permukaan dinding batu. Masing-masing air terjun ini memiliki nama. Pada bagian kiri bernama Curug Asepan dan bagian tengah bernama Curug Meong. Kedua curug ini letaknya bersebelahan. Sedangkan Air terjun yang sedikit menepi dari keduanya adalah Curug Aki yang terletak di bagian paling kanan air terjun.

Kolam Curug Cikaso sangat menakjubkan bagi pengunjung.

Ketinggian Air Terjun Cikaso mencapai 80 meter dengan lebar dinding batu sekitar 100 meter. Hal ini membuat air terjun ini terlihat megah saat Anda pandangi.

Pesona yang diberikan tidak sampai disitu saja. Pada titik jatuhnya air terdapat telaga yang menyerupai kolam. Airnya yang bewarna hijau-kebiru-biruan, sangat menggoda untuk dirasakan. Kolam ini juga yang digunakan pengunjung untuk berenang. Bentuknya sedikit oval dengan hiasan bebatuan khas sungai.

Dibagian tepi kolam ini kedalaman masih sebatas dada orang dewasa namun semakin ke tengah semakin dalam. Bagi Anda yang bisa berenang, Anda dapat menyusuri atau melintasi ke tiap-tiap batu yang berada dekat dengan jatuhnya air.

Bagi Anda yang suka memanjakan adrenalin, Lompat dari atas batu dan langsung terjun ke kolam akan memberikan sensasi yang berbeda saat mengunjungi Air Terjun Cikaso. (beng.ak)

Topik Berita
Back to top button
Close