Dua Hari Jelang Lebaran, Arus Mudik Semakin Padat

abadikini.com, JAKARTA – Dua hari menjelang lebaran, Jumat (23/6/2017) arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek kian padat. Akibatnya, arus lalu lintas menjadi macet hingga KM 57.

“Kemacetan mulai Bekasi Timur, Tambun, Cibitung,” kata petugas Jasa Marga, Widodo di Jakarta, Jumat.

Menurut Widodo, kemacetan Tol Jakarta-Cikampek sudah terjadi sejak KM 39 hingga KM 57 atau rest area, arah ke Cikampek. Namun setelahnya, kendaraan ramai lancar.

“Kemacetan tersebut karena meningkatnya volume kendaraan,” ujarnya.

Sementara itu, pantauan arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, pada hari yang sama masih terpantau lancar. Tak ada penumpukan kendaraan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose turun langsung memantau persiapan arus mudik Lebaran. Dia memantau melalui jalur udara di sekitar Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

“Dari pantauan udara tadi yang saya lakukan tak ada hambatan, tidak ada penumpukan kendaraan. Kita harap rekayasa lalu lintas ini terus diberlakukan untuk melayani para pemudik,” kata Petrus di Denpasar, Bali.

Begitu juga pantauan arus mudik di tol Solo-Ngawi pada H-2 juga ramai dan lancar. Kendaraan roda empat yang melintasi jalur tol Solo-Ngawi mengalami peningkatan cukup signifikan pada Jumat 23 Juni 2017. Jumlah mobil pemudik yang mengakses jalur tol tersebut mencapai 4.357 kendaraan.

Kepala Satgas Lebaran PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), Farid Aziz mengatakan, jumlah kendaraan itu mengalami peningkatan sebesar 40 persen dibandingkan hari sebelumnya.

“Jumlah hari ini merupakan paling banyak dibandingkan pada hari-hari sebelumnya sejak jalan tol fungsional ini difungsikan,” ungkap Farid. (sp.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker