Monggo Daftar Yang Mau Ikut Mudik Gratis Pakai Kapal Laut

abadikini.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Tonny Budiono menuturkan, program mudik gratis dengan menggunakan angkutan kapal ini digelar untuk menekan angka kecelakaan lalulintas pengendara sepeda motor saat mudik. Untuk itu, peserta mudik bisa membawa sepeda motornya dan diangkut dengan kapal.

“Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut 2017 berlaku untuk pemudik maksimal dua orang dewasa dan satu orang anak kecil,” kata Tonny kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.

Tonny menambahkan, mudik gratis via jalur laut ini menggunakan KM Dobonsolo dan Kapal Roro. Kapasitas angkut untuk mudik gratis dengan KM Dobonsolo yakni 10 ribu unit sepeda motor dan 20 ribu orang.

Untuk KM Mutiara Sentosa III, bisa mengangkut 1.000 unit sepeda motor dan 2.000 penumpang. Kedua kapal itu akan mengantarkan para pemudik ke daerah Jawa Tengah dan Lampung.

Tonny menuturkan, perjalanan mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Semarang dimulai sejak Sabtu 17 Juni 2017. Kemudian dilanjutkan pada 19, 21, 23 Juni 2017. Sementara untuk arus balik akan dilaksanakan pada 30 Juni dan dilanjutkan pada 2, 4, dan 6 Juli 2017.

Pengumuman Mudik Gratis Pakai Kapal Laut

Sementara perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang, Lampung berangkat pada 21 dan 23 Juni 2017. Kemudian,aarus balik dari Lampung ke Tanjung Priok, Jakarta dijadwalkan berangkat 30 dan 1 Juni 2017.

Ketinggalan Pendaftaran?

Tonny mengatakan, pendaftaran untuk mudik gratis sepeda motor ini masih dapat dilakukan secara offline . Caranya, peserta mudi harus mendatangi posko pendaftaran mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok. Pendafptaran ditutup hingga kuota terpenuhi.

Sedangkan untuk arus balik, pendaftaran mudik gratis dapat dilakukan secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id.

Sementara pendaftaran secara offline di posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah yang dimulai dari tanggal 25 Juni 2017 hingga hari H keberangkatan kapal. (ypk)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker