Kasus Ahmad Dhani, Eggy Sudjana: Jokowi Harus Lapor Sendiri

abadikini.com – JAKARTA – Praktisi hukum, Eggi Sudjana, menilai kasus penghinaan presiden yang dialamatkan kepada musisi Ahmad Dhani tidak relevan karena yang melaporkan kasus itu bukan Presiden Joko Widodo.

Pernyataan itu disampaikan Eggi usai menjalani pemeriksaan oleh penyidik Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya sebagai saksi Ahmad Dhani. Menurut Eggi, jika Dhani dijerat Pasal 207 KUHP, presiden sendiri yang harus melaporkan.

“Harusnya yang merasa dihina itulah yang melapor. Seperti Presiden SBY ketika merasa terhina oleh Zainal Maarif, dia datang ke sini sendiri karena merasa terhina,” ujar Eggi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (24/11/2016).

“Kenapa kok tidak ada laporan dari presiden jokowi?,” tanya Eggi.

Sementara Presiden Jokowi, hingga saat ini tak pernah mempermasalahkan ucapan Dhani pada saat aksi 4 November. “Mesti presiden (yang melaporkan) supaya jelas, hukum harus jelas.  Presiden harus dihormati, Kapolri juga harus dihormati,” ujarnya.

Meski begitu, dia menghormati itikad baik polisi memanggil dirinya sebagai saksi. Meski dalam surat pemanggilan, tak disebut terlapornya. “Saya dipanggil sebagai saksi, cuma mau bersaksi kepada siapa gitu kan harus jelas,” tegasnya.

Seperti diketahui, hari ini setidaknya ada delapan saksi yang bakal diperiksa di Polda Metro Jaya terkait kasus Ahmad Dhani. Di antaranya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Juru Bicara FPI Munarman, aktifis Ratna Sarumpaet, istri Ahmad Dhani Mulan Jameela, Eggi Sudjana, seorang inisial HS, dan politikus PAN Amien Rais.

Kasus ini bermula saat Ketua Umum Laskar Rakyat Jokowi (LRJ, Riano Oscha melaporkan Ahmad Dhani terkait kasus dugaan penghinaan Presiden. Selain LRJ, Dhani juga dilaporkan kelompok relawan Jokowi lainnya, yaitu Pro Jokowi (Projo). Laporan kedua relawan Jokowi terhadap Dhani tersebut tertuang dalam laporan polisi bernomor, LP/5423/XI/2016/PMJ/Dit Reskrimum tertanggal 7 November 2016. (as.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker