Nexticorn, ‘Tinder’ yang Pertemukan Startup dan Pemodal Asing

Abadikini.com- Pemerintah meluncurkan inisiatif gerakan bernama Nexticorn. Inisiatif ini bertujuan mempertemukan perusahaan rintisan (startup) potensial dengan para calon investor dari luar negeri.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng pelaku industri dalam gerakan Nexticorn ini, mulai dari pendiri startup hingga pemodal kapital (VC). Nama-nama seperti Nadiem Makarim, William Tanuwijaya, David Rimbo, Italo Gani, dan Daniel Tumiwa terdaftar sebagai dewan penasihat gerakan tersebut

Lis Sutjiati, staf ahli untuk Menkominfo, berkata acara utama Nexticorn akan dihelat di Nusa Dua, Bali, pada 9-10 Mei 2018. Ajang tersebut akan menghadirkan startup terpilih, VC, dan pemangku kepentingan lain dalam satu tempat.

“Ada 70 startup dan 60 VC yang hadir di acara tersebut,” ucap Lis dalam konferensi pers di Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (4/5).

Donald Wihardja dari Convergence Ventures yang mendampingi Lis dalam konferensi pers itu merasa diperlukan oleh investor sebagai akses menuju pasar Indonesia.

Sejumlah nama startup yang masuk dalam kurasi gerakan ini adalah Investree, Modalku, Moka POS, Ralali, Kata.ai, Snapcart, Cashlez, hingga Ruangguru.

Sementara dari pihak pemodal ada nama-nama besar yang diklaim bakal hadir seperti SoftBank, Tencent, hingga Sequoia.

“Akses ini yang menjadi sangat berharga bagi investor, seperti istilah tak kenal maka tak sayang,” kata Donald.

Gerakan ini tak lepas dari niat pemerintah menetaskan perusahaan berbasis digital bernilai US$1 miliar atau biasa disebut unicorn yang kelima di Tanah Air. Sejauh ini Indonesia memiliki empat unicorn yakni Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Namun Donald menampik tujuan Nexticorn hanya sekadar mencari unicorn kelima. Menurutnya inisiatif ini berfokus untuk menjembatani sebanyak mungkin dari 70 startup tadi untuk mendapatkan pendanaan seri B atau C.

“Kita minta bantuan Kominfo untuk menjembatani itu,” imbuh Donald. (ak/cnn)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker