Iran Klaim Vaksin Buatan Mereka Berhasil Sembuhkan Pasien Positif Covid-19 Varian Baru dari Inggris

Abadikini.com, TEHERAN – Pejabat kesehatan Iran mengklaim bahwa vaksin buatan Iran telah terbukti berhasil sembuhkan pasien postif virus corona (covid-19) varian abru yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Menurut Hassan Jalili, seorang pejabat Iran yang bertanggung jawab atas produksi vaksin lokal, tes pada sampel darah relawan yang menerima dua dosis COVIran Barekat telah menunjukkan bahwa itu “mampu sepenuhnya menjinakkan virus bermutasi dari [virus] korona Inggris,” ujarnya dilansir Middle East Eye, Senin (1/2/2021) .

Semnetara pejabat kesehatan senior lainya, Minoo Mohraz yang juga merupakan salah satu anggota satuan tugas virus corona nasional, membenarkan berita tersebut.

Kasus pertama varian Inggris di Iran dikonfirmasi pada 5 Januari setelah seorang warga melakukan perjalanan kembali dari Inggris. Kasus ketujuh terdeteksi awal pekan ini pada seorang penumpang dari Belanda.

Iran meluncurkan uji coba pada manusia terhadap kandidat vaksin domestik pertamanya akhir bulan lalu, mengatakan ini dapat membantunya mengalahkan pandemi meskipun ada sanksi AS yang membatasi kemampuannya untuk mengimpor vaksin.

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri Javad Zarif mengatakan negaranya telah menyetujui vaksin Sputnik V Rusia dan berencana untuk mengimpor serta memproduksinya dalam perang melawan pandemi.

Duta Besar Iran untuk Rusia mengatakan pada hari Sabtu bahwa Teheran mengharapkan untuk menerima gelombang pertama vaksin Moskow pada 4 Februari, kantor berita negara IRNA melaporkan.

Sejauh ini Iran telah menanggung beban pandemi virus corona di Timur Tengah, dengan tercatat 1,4 juta kasus positif dan lebih dari 57.800 kematian.

Keputusan untuk menyetujui vaksin Rusia datang beberapa minggu setelah Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei melarang Iran mengimpor vaksin dari Inggris dan Amerika Serikat.

Pernyataan Khamenei tenaga kesehatan dari Bulan Sabit Merah Iran menolak 150.000 vaksin yang disumbangkan oleh Pfizer.

Awal bulan ini selama pidato yang disiarkan televisi di Teheran, Khameini menggambarkan vaksin yang berasal dari Inggris dan Amerika Serikat sebagai “sama sekali tidak dapat dipercaya”. .

“Impor vaksin AS dan Inggris ke negara itu dilarang … Mereka sama sekali tidak dapat dipercaya. Bukan tidak mungkin mereka ingin mencemari negara lain,” kata Khameini

Aturan karantina baru

Sementara itu, Alireza Raisi, juru bicara satuan tugas virus corona nasional, mengatakan di TV pemerintah pada hari Sabtu bahwa para pelancong ke Iran dari Eropa akan diminta untuk karantina sendiri selama dua minggu setelah dites negatif pada saat kedatangan.

Wisatawan dari wilayah lain, termasuk negara tetangga, harus dinyatakan negatif sebelum tiba di negara tersebut.

Raisi mengatakan para pelancong yang datang dari Eropa harus memegang hasil tes negatif, akan diuji lagi, dan harus melakukan karantina sendiri meskipun tes mereka negatif, media pemerintah melaporkan.

Sebelumnya, orang yang berasal dari Eropa diharuskan hanya untuk hasil tes negatif.

Dia tidak mengatakan kapan tepatnya tindakan baru itu akan berlaku, hanya mengatakan “mulai sekarang”.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker