Bawaslu DKI Siap Mengawasi Pilkada Jakarta 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Pilkada Jakarta 2024 diprediksi tetap menjadi sorotan, meski pusat pemerintahan akan dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Merespons hal ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta menyatakan kesiapannya untuk mengawasi seluruh tahapan Pilkada Jakarta yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

“Pilkada Jakarta pasti akan menjadi sorotan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena itu, beban pengawasan pemilihan Daerah Khusus Jakarta pastinya lebih berat dibandingkan daerah lain,” kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Benny Sabdo, pada Selasa (28/5).

Menurut Benny, perhelatan Pilkada Jakarta akan menjadi trending topik dan sebagai barometer kepemimpinan nasional, Bawaslu Jakarta akan menyiapkan diri secara serius.

“Kami sudah menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas tentang penanganan pelanggaran bagi seluruh jajaran Bawaslu kabupaten/kota. Kami membedah regulasi pemilihan bersama pakar di bidang hukum dan investigasi,” kata Benny.

Saat ini, Bawaslu Jakarta masih fokus mengawasi verifikasi administrasi calon Gubernur dan Wakil Gubernur independen. Pengawasan dilakukan secara melekat dengan KPU DKI Jakarta yang kini melakukan verifikasi administrasi.

Benny juga menegaskan bahwa Bawaslu selalu siaga menerima laporan masyarakat terkait segala bentuk dugaan pelanggaran pemilihan di wilayah hukum Jakarta.

“Kami berjanji akan menindaklanjut laporan yang masuk agar Pemilu berjalan dengan jujur dan adil,” ujar Benny. “Jika terjadi dugaan pelanggaran administratif pemilihan, tindak pidana pemilihan, dan sengketa proses pemilihan, silakan melaporkan kepada Bawaslu. Pengawasan partisipatif masyarakat adalah bentuk perwujudan visi besar Bawaslu,” pungkas Benny.

Dengan komitmen yang tinggi, Bawaslu DKI Jakarta berharap dapat menjalankan tugas pengawasannya secara maksimal demi tercapainya Pemilu yang bersih, jujur, dan adil di Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker