Indonesia Masih Simpan Cadangan 20 Miliar Barel Minyak di Wilayah Ini

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan adanya potensi sumber daya minyak dan gas bumi (migas) jumbo yang berada di Blok Warim Papua. Adapun potensi minyak yang berada di area Warim diperkirakan mencapai 20 miliar barel per hari.

Koordinator Pokja Pengembangan WK Migas Konvensional Maruf Affandi mengatakan area Warim saat ini telah dibagi menjadi dua wilayah kerja yakni Akimeugah 1 dan Akimeugah 2. Adapun kedua WK tersebut saat ini masih dalam proses untuk dilelang.

“Saat ini Warim kita sebut sebagai Akimeugah 1 dan Akimeugah 2. Saat ini masih dalam proses lelang tanggal 17 akan ada penutupan dan tanggal 19 hari Jumat kami akan menerima submit dokumen untuk selanjutnya akan kita evaluasi apakah yang submit dokumen memenuhi syarat untuk jadi pemenangnya,” kata dia dilansir dari CNBCIndonesia Rabu (17/1/2024).

Menurut Maruf pengembangan proyek migas Warim sendiri sejatinya mempunyai tantangan tersendiri dari sisi medan. Namun demikian, potensi migas di wilayah tersebut masih cukup menjanjikan untuk dikembangkan. “Di mana masing-masing memiliki sekitar 10 miliar barel minyak ekuivalen. Jadi menantang tapi juga memiliki potensi untuk dikembangkan,” kata dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji mengatakan persoalan wilayah Blok Warim yang sebelumnya bersinggungan dengan Taman Nasional Lorentz yang dilindungi oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) sudah selesai.

Hal ini lantaran Kementerian ESDM memotong bagian wilayah yang bersinggungan dengan Taman Nasional Lorentz sebesar 10%. “Nah itu ada ekstra 10% yang kita potong saja itu. Supaya tidak menjadi permasalahan dengan lingkungan (KLHK), termasuk UNESCO juga,” terang Tutuka.

Meski demikian, ia memastikan bahwa potensi migas yang mungkin didapatkan tidak berkurang signifikan karena berkurangnya luas wilayah. Pasalnya Blok Warim masih menyimpan potensi migas yang cukup besar. “Giant dia, gede. Jadi di Warim itu di Akimeugah itu ada yang gas, ada yang minyak. Besar, bukan ukuran kecil,” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker