Saat Walikota Tidore Beri Motivasi Siswa SMA Pradita Dirgantara Boyolali di Fakultas Ilmu Administrasi UI

Abadikini.com, JAKARTA – Walikota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim memberikan Motivasi dan berbagi cerita hidup menjadi sosok Walikota Kepada Siswa-Siswi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Pradita Dirgantara Boyolali di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023)

Siswa-Siswa tersebut berkesempatan langsung untuk melakukan dialog inspiratif dengan Capt Ali Ibrahim selaku Kepala Daerah dari Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, yang sudah menjabat selama dua periode, dalam rangka belajar praktik terbaik kepemimpinan transformasional (transformational leadership) di Kawasan Indonesia Timur.

Pada Kesempatan ini, Walikota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim menyampaikan, salah satu kunci dari Kesuksesan yaitu Disiplin, karena dengan disiplin, kita akan dapat mengatur hidup yang lebih baik kedepannya.

“Adik-adik, salah satu kunci kesuksesaan yaitu disiplin, dengan disiplin adik-adik dapat menata hidup adik-adik dari sekarang, untuk masa depan yang lebih baik” Tutur Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim juga menyampaikan, pada kepemimpinan beliau dengan Wakil Walikota Muhammad Sinen, telah menjadikan Kota Tidore sebagai Tuan Rumah dua event besar yaitu, Sail Tidore Tahun 2022 dan Hari Nusantara 2023. Pada Hari Nusantara 2023 yang baru selesai dilaksanakan pada 13 desember kemarin, Kota Tidore ditetapkan sebagai Titik Nol Jalur Rempah.

“500 tahun lalu, tepatnya tanggal 11 Desember 1521, Tidore menjadi titik awal dimulainya ekspor global. Waktu itu cengkeh di ekspor dari Pantai Tidore menuju Spanyol, sebanyak 381 karung atau 27,3 Ton. Inilah kemudian Negara menetapkannya sebagai Hari Rempah Nasional yang diperingati setiap tanggal 11 Desember, dan pada 13 Desembar kemarin Kota Tidore Kepulauan resmi menjadi Titik Nol Jalur Rempah yang ditandai dengan penandatangan prasasti,” Jelasnya.

Menutup pembicarannya, orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini juga berpesan kepada siswa-siswi untuk jangan sekali-sekali untuk berani mencoba bermain-main dengan Narkoba maupun minum keras, yang keduanya dapat menghacurkan kehidupan kedepannya.

“Saya pesan kepada adik-adik jangan sekali-kali untuk bermain dengan yang namanya Narkoba maupun Minuman Keras, karena kedua hal tersebut akan merusak kehidupan adik-adik nanti,” Pesan Ali.

Setelah berbagi cerita dengan Siswa-Siswi SMA Pradita Dirgantara, Walikota Tidore Kepulauan bersama siswa-siswi diajak untuk Tour de Library di The Crystal of Knowledge UI yang dipandu langsung oleh Kepala Perpustakaan UI, Ibu Mariyah, yang menyampaikan visi perpustakaan UI yaitu menjadi pusat referensi ilmu pengetahuan dan riset bidang kesehatan, sains, teknologi, sosial, dan humaniora yang unggul dan berdaya saing di tingkat nasional dan regional.

“Gedung Perpustakaan UI yang dijuluki “The Crystal of Knowledge”, dalam rangka mendukung implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka harus melakukan transformasi dalam pengelolaan perpustakaan, baik dari sisi Management of Collection; Management of Knowledge; dan Transfer of Knowledge,” Jelas Mariyah.

Mariyah menambahkan, desain perpustakaan UI sendiri terdiri dari 3 menara, ditambah dengan sebuah bangunan yang berada di atas danau yang bernama ruang apung dan gedung serbaguna yang terhubung antara satu sama lain. Pada bagian fasad gedung perpustakaan megah ini dilapisi dengan batu alam andesit berwarna hitam yang menciptakan tampilan yang sangat kental dengan kesan alami nan natural. Bentuk gedung yang didesain miring memiliki filosofi ibaratkan pena yang digunakan untuk menuliskan karya.

Adapun tujuh siswa perwakilan SMA Pradita Dirgantara yang berkesempatan langsung bertatap muka dengan Walikota Tidore Kepulauan ini, yaitu Azka Abdul Malik Albayroni, Aswin Daniswara, Hisyam Ibrahim Hanif Ilmiawan, I Nyoman Tristan Widyadhana, Lovenia Alanza Sinaga, Sofie Raniaputri Sanera dan Zahra yang turut didampingi perwakilan orang tua.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor