Menhub: Hari Nusantara sebagai Pengingat kita adalah Negara Kepulauan

Abadikini.com, TIDORE – Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi menghadiri sekaligus mmeberikan sambutan pada acara Puncak Puncak Hari Nusantara Tahun 2023 yang mengusung tema “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah” oleh, di Lokasi Wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Rabu (13/12/2023).

Dalam sambutannya, Budi Karya Sumadi mengatakan, Hari Nusantara menjadi semangat baru bagi masyarakat, terutama masyarakat bagian Timur Indonesia yang selalu menjadi konsern dari Bapak Presiden Jokowi, Nusantara adalah satu hal yang penting dan secara esensial dipahami kemudian diperingati dari tahun ke tahun.

“Kita diingatkan bahwa pada tahun 1957 atas jasa Pak Djuanda dipersatukanlah Indonesia dengan Hari Nusantara, dan kita memperingati itu, Hari Nusantara sebagai pengingat bahwa kita adalah Negara Kepulauan, sebagai negara yang memiliki keragaman budaya dan kekayaan maritim, perlu kita syukuri bersama,” Tutur Budi.

Budi menambahkan, kegiatan ini juga untuk memastikan bahwa pembangunan nasional tidak hanya terpusat, tetapi harus merata di seluruh pelosok nusantara, dengan kegiatan ini diupayakan untuk mendorong, meningkatkan konektivitas antar pulau, menjadi suatu keharusan, serta meningkatkan dan membangun sektor perekonomian bangsa.

“Sebagaimana instruksi Presiden, bahwa Indonesia harus membangun dari pinggiran, dengan peningkatan peran dan daya saing daerah, olehnya itu hari Nusantara Tahun 2023 mengusung tema Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah, statemen ini saya pikir harus diingat, dicatat lalu kita maknai bersama,” Imbuh Budi.

 Lebih lanjut, Budi mengatakan, sejarah ekspor rempah di Tidore kala itu menjadi pusat perhatian. Oleh karenanya Kota Tidore Kepulauan dapat didorong menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Sebagai Ketua pelaksana pusat Hari Nusantara Tahun 2023, dirinya merasa bangga telah dapat mempersiapkan kegiatan ini, dan berterima kasih atas dukungan dari para Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, serta TNI /Polri.

Senada, Pj, Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara merupakan amanah negara kepada daerah untuk ikut menjaga NKRI dari berbagai ancaman yang berpotensi menciptakan integrasi bangsa.

“Karena itu saya sangat berterima kasih atas terselenggara seluruh rangkaian kegiatan Hari Nusantara sejak tanggal 10 hingga pada hari ini, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku Utara, sekali lagi saya ucapkan terima kasih Hajatan Nasional, Hari Nusantara Tahun 2023 dilaksanakan di Kota Tidore, Provinsi Maluku Utara,” Ucap Gani Kasuba.

Di kesempatan yang sama, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya menyampaikan kabar baik terkait kerja keras dalam memperjuangkan pembangunan di Kota Tidore Kepulauan telah mendapat respon positif dari Bapak Sandiago Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Beliau seyogyanya hadir pada momentum Hari Nusantara ini, namun karena ada kegiatan yang tidak dapat diwakilkan, maka beliau telah mengagendakan pada kesempatan briefing mingguan bersama Menparekraf pada tanggal 18 Desember 2023 di Jakarta, bertempat di Gedung Sapta Pesona, beliau akan meresmikan Pencanangan Tidore Kepulauan Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional,” Ungkap Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim juga meminta dukungan kepada Menteri Perhubungan, agar Tidore, dapat ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan dimuat dalam RPJM Nasional 2025 – 2045. Serta berharap Menhub dapat menyampaikan kepada Menteri PU-PR agar membantu pembangunan balai bengong atau rumah singgah di Tugulufa sebagaimana yang telah dijanjikan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker