1.000 Bibit Pohon Mangrove Ditanam di Sepanjang Pantai Dorowa

Abadikini.com, TIDORE – Kurang lebih 1.000 bibit pohon mangrove ditanam di sepanjang Pantai Kelurahan Dorowa dalam rangka Hari Nusantara Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pangkalan Angkatan Laut Ternate, dikemas dalam satu rangkaian kegiatan Bersih-Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove, Senin (11/12/2023).

Mewakili Walikota, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Bersih-Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove merupakan salah satu rentetan acara pada event Hari Nusantara Nasional Tahun 2023, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam menciptakan lingkungan pantai dan laut yang bersih dan bebas dari sampah.

“Semoga kegiatan hari ini bermanfaat bagi kita semua untuk keberlangsungan generasi dimasa depan. Atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, kami menyampaikan terima kasih dan pernghargaan kepada seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Kepolisian serta semua pihak yang telah ikut mendukung kegiatan ini,” Tutur Abdul Hakim.

Abdul Hakim Adjam menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan mendukung keberhasilan program Kampung Bahari Nusantara yang dicanangkan oleh TNI AL. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah sangat berterima kasih serta memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran TNI AL, termasuk pihak LANAL Ternate, yang menjadikan Lokasi Pantai di Kelurahan Dowora ini sebagai salah satu kawasan yang yang ditetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara.

Di kesempatan yang sama, mewakili Komandan Satuan Tugas Hari Nusantara, Letkol Laut Odi Sabuna dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove yang dilaksanakan oleh Lanal Ternate dalam rangka Hari Nusantara Tahun 2023 ini membawa manfaat yang luar biasa.

“Kegiatan ini membawa manfaat yang luar biasa, bersih-bersih pantai diharapkan dapat mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut, dan penanaman mangrove bertujuan untuk mengatasi abrasi pantai, di Kota Tidore sendiri saya melihat pantai masih terjaga, semoga masyarakat Kota Tidore Kepulauan selalu mendukung untuk sama-sama menjaga kelestarian alam,” Ucap Odi

Sementara, Mewakili Komandan Lanal Ternate, Komandan Pos Angkatan Laut Maba, Letda Laut Suripto dalam laporannya menyampaikan, terima kasih kepada Walikota Tidore Kepulauan, yang telah menghibahkan tanah di Kelurahan Dowora kepada TNI AL, khususnya Lanal Ternate.

“Harapannya, mohon proses hibahnya bisa segera terrealiasasi, berupa penyerahan sertifikat atas nama TNI AL, sehingga dapat kita laporkan untuk menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN) dan memudahkan untuk penunjukkan anggota menempati Posal Dowora sebagai anggota Definitif,” Ucap Suripto.

Suripto menambahkan, tanah Dowora yang dihibahkan sudah dibangun KBN, yang meliputi 5 klaster, diantaranya Klaster Pertahanan, Pendidikan, Ekonomi, klaster Wisata melalui bersih-bersih Pantai dan Penanaman Mangrove, serta Klaster Kesehatan dengan melakukan renovasi ringan Pustu Dowora.

“Untuk penanaman Mangrove dari Pihak Angkatan Laut sudah menyiapkan kurang lebih 1.000 bibit yang akan ditanam di pantai Kelurahan Dowora, kedepannya direncanakan akan ditambah jumlahnya, pihak Angakatan Laut juga memohon kerjasama dari Masyarakat Tidore untuk bisa bersama-sama menjaga, merawat dan melestarikan ini semua agar kedepannya bisa tumbuh dan dapat dijadikan tempat wisata,” Imbuh Suripto.

Kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove ini diakhiri dengan penyerahan Bantuan corporate social responsibility (CSR) berbentuk uang tunai dari PT. Garuda Indonesia kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tidore Kepulauan untuk Penghijauan dalam rangka Hari Nusantara Tahun 2023.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Abdurrahman Arsyad, Ketua I TP-PKK Kota Tidore Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, Manager PT. Garuda Indonesia Ternate Dina Nurjanah, Pimpinan OPD Terkait, Dharma Wanita Persatuan serta yang mewakili pimpinan Instansi Vertikal BUMN/BUMD.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker