166 Siswa Ikuti Lomba Tradisional Egrang Ramaikan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore

166 Siswa di Kota Tidore Kepulauan turut ramaikan Hari Nusantara 2023 dengan mengikuti lomba permainan tradisional egrang, Siswa yang mengikuti lomba egrang ini terdiri dari 97 gabungan SD dan SMP, serta 69 Siswa SMA/SMK lomba permainan tradisional egrang ini akan mengambil 6 orang juara terbaik, yaitu juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3.

Lomba Permainan Tradisional Egrang ini dilepas secara resmi oleh Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kemenpora RI, Hj. Suryati didampingi Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Taher Husain dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tidore Kepulauan Ali Dukomalamo.

Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kemenpora RI, Hj. Suryati saat dikonfirmasi mengatakan, dilakukannya permainan egrang ini sebab egrang merupakan permainan tradisional yang perlu dilestarikan, karena banyak anak muda sudah tidak mengenali.

“Karena egrang merupakan permainanan tradisional kita, sekarang ini anak muda sudah tidak mengenali olahraga tradisional dan budaya kita, mereka lebih suka main gadget, tujuan dari permainan ini, ialah membangkitkan kembali semangat olahraga tradisional kita, filosofi dibalik olahraga egrang ini karena adanya keseimbangan, ada perjuangan, dan sportivitas,” Tuturnya

Lebih lanjut, Suryati berharap agar permainan tradisional ini lebih digalakkan sehingga kedepan dapat ikut serta dalam event nasional. “Harapanya permainan tradisional egrang ini lebih digalakan sehingga kedepan, di tahun 2025 bisa diikutsertakan dalam event nasional,” Pungkasnya.

Sementara di kesempatan yang sama, Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Taher Husain mengatakan, permainan tradisional egrang ini disuport oleh Kemenpora pada Hari Nusantara 2023, ini merupakan langkah awal untuk kedepan disosialisasikan sehingga kegiatan seperti ini harus disemarakkan.

“Kedepannya kegiatan ini harus dibuat sedemikian rupa, untuk seluruh sekolah agar dapat mengikutinya, kami sampaikan apresiasi untuk Kementerian Pemuda dan Olahraga yang telah hadir menyukseskan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore, dan mendukung penyelenggaraan kegiatan ini,” Ucap Taher.

Adapun juara lomba egrang pada Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan ini meliputi, Kategori SD-SMP Juara 1 diraih oleh Firdaus Ashar, Juara 2 diraih oleh M. Bayu Saputra, Juara 3 diraih oleh M. Fajrin, Harapan 1 diraih oleh Almulkan Abohaer Harapan 2 diraih oleh Fatur Abdullah dan Harapan 3 diraih oleh Firjan Ahmad. Sementara untuk kategori SMA/SMK Juara 1 diraih oleh Aldo F Mangan, Juara 2 Firman A.Ashar, Juara 3 Atmanda, Harapan 1 Amrandi, Harapan 2 Noval dan Harapan 3 Irfan Abd.Rahman.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker