Abdul Hakim Adjam dan Mayor Laut Sriyono Resmikan Kampung Bahari Nusantara TNI AL di Kelurahan Dowora

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam bersama Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ternate diwakili Pjs. Palaksa Lanal Ternate Mayor Laut (PM) Sriyono, meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut di Kelurahan Dowora, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Senin (4/12/2023).

Peresmian 68 program KBN yang ada di Satuan Komando TNI AL yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia tersebut, dipimpin secara serentak oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal dari Mayor Jenderal TNI Marinir Markos secara virtual, langsung dari Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, dengan mengangkat tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim yang Sejahtera”.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam Menyampaikan Apresiasi kepada Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate yang telah bergerak aktif memanfaatkan lahan yang merupakan hibah dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, dimana sejak Mei Tahun 2023 sudah dilakukan penandatangan berita acara serah terima yang disaksikan oleh Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba.

“Besar harapan kami, lahan ini akan membawa manfaat untuk masyarakat Kota Tidore Kepulauan baik dari sisi keamanan laut juga melalui program Kampung Bahari Nusantara (KBN), dimana pada tahun 2021 lalu, Pulau Maitara juga telah lebih dahulu menyandang Kampung Bahari Nusantara yang diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi Ritim Markas Besar TNI Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Marinir) Markos,” Tutur Abdul Hakim.

Abdul Hakim menambahkan, KBN merupakan program andalan TNI Angkatan Laut, yang memiliki keistimewaan dan terbagi dalam 5 klaster pemberdayaan bagi masyarakat yakni Pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan. Hal ini, menjadi bukti nyata bahwa kehadiran dan kedekatan TNI AL akan selalu memberi efek manfaat yang luas bagi masyarakat Kota Tidore Kepulauan, sekaligus menjadi perwujudan komitmen TNI Angkatan Laut untuk membangun ketahanan wilayah maritim, yang akan menyangga pertahanan negara.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mengapresiasi kehadiran Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate dan atas peresmian Kampung Bahari Nusantara di Kelurahan Dowora, Kecamatan Tidore Timur. Terima kasih atas karya yang telah dipersembahkan kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan selama ini, semoga jalinan kerjasama yang erat ini akan terus terjalin dengan baik di masa-masa mendatang,” Imbuh Abdul Hakim.

Sementara, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ternate diwakili Pjs. Palaksa Lanal Ternate Mayor Laut (PM) Sriyono dalam sambutannya menyampaikan, ini merupakan pos Angkatan Laut Ternate yang pertama di Kota Tidore Kepulauan, dan pelaksaan Kampung Bahari Nusantara (KBN) ini merupakan yang ke 3 kalinya, yang pertama di di Pulau Maitara, yang kedua di Pulau Hiri dan yang ketiga di Kelurahan Dowora Kecematan Tidore Timur Kota Tidore Kepulauan.

“Semoga kehadiran Kampung Bahari Nusantara ini dapat membawa perubahan, KBN ini merupakan program dari TNI Angkatan Laut, ada 5 klaster, yang pertama pertahanan dengan membuat pos keamaan terpadu atau Posal, klaster Pendidikan kami menyiapkan rak yang akan diisi buku-buku tentang kelautan dan terbuka untuk umum, selanjutnya klaster Kesehatan, kami kemarin melakukan pengecatan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kelurahan Dowora, ada juga kluster pariwisata dan tentunya ekonomi,” Jelas Sriyono.

Persemian Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Kelurahan Dowora Kecamatan Tidore Timur Kota Tidore Kepulauan ini diawali dengan Penanaman 200 Pohon Mangrove secara simbolis, kemudian dilanjutkan dengan Peresmian KBN yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti Kampung Bahari Nusantara Tahun 2023, dan selanjutnya mengikuti Video Conference secara serentak.

Pada peresmian KBN ini juga Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate memberikan 10 paket bantuan sembako kepada 10 warga Kelurahan Dowora. Turut hadir dalam peresmian KBN ini, Ketua Jalasenastri Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate Ny. Via Ridwan Azis bersama pengurus, Perwira Staf TNI AL Ternate, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tidore Kepulauan dan Kepala Kelurahan Dowora.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker