Mengapa Perlu Investasi Bitcoin?

Tak bisa dipungkiri, kepopuleran bitcoin terus melejit sejak mulai diluncurkan pada tahun 2009 silam. Meskipun banyak bermunculan mata uang kripto baru setiap tahunnya, para investor masih banyak yang setia mempertahankan bitcoin dalam portofolionya. Harga bitcoin boleh saja naik turun, namun secara jangka panjang, kripto yang satu ini masih tetap dianggap sebagai sebagai jawara.

Bagi kalian yang masih belum memiliki tabungan bitcoin, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat. Tentu saja, hal ini bukan hanya sekedar mengikuti arus dan kepopuleran. Berikut adalah berbagai alasan kuat mengapa kita harus mulai berinvestasi bitcoin.

  • Bitcoin Menggunakan Sistem Desentralisasi

Sistem keuangan terdesentralisasi artinya penggunaan bitcoin tidak bergantung pada otoritas pusat seperti pemerintah atau badan perbankan. Ini berarti, kita bebas menggunakannya tanpa terlacak oleh pemerintah. Privasi dalam bertransaksi akan terjaga, karena tidak akan terekam dimanapun selain dalam wallet-mu sendiri.

  • Bitcoin Tidak Mudah Terpengaruh Iklim Politik

Nilai mata uang suatu negara cenderung merosot jika negara tersebut sedang mengalami iklim politik yang buruk. Hal ini akan sangat merugikan karena nilai tabungan dan asetmu akan menurun meskipun kamu telah menyimpannya cukup lama. Kabar baiknya, hal tersebut tidak berlaku bagi bitcoin karena sistemnya tidak tergantung pada pemerintahan manapun. Jika tabungan dan asetmu disimpan dalam bentuk bitcoin, nilainya tidak akan terpengaruh bahkan ketika kondisi politik negara sedang terpuruk.

  • Bitcoin Semakin Bernilai

Tujuan utama investasi adalah untuk meningkatkan nilai tabungan dan aset yang kita miliki. Bitcoin terbukti telah menjadi solusi yang sangat efektif untuk hal tersebut. Meski fluktuatif secara jangka pendek, harga bitcoin terbukti terus mengalami peningkatan tajam secara jangka panjang.

  • Bitcoin Adalah Aset Langka dan Berharga

Jumlah bitcoin yang beredar sangat terbatas, sehingga aset ini bersifat langka. Suplai bitcoin baru yang dirilis setiap waktunya dibatasi. Makin ke depan, jumlah bitcoin baru yang dirilis akan semakin sedikit, sementara penggunanya justru makin banyak. Bitcoin juga berencana menghentikan pasokan baru setelah jumlahnya mencapai 21 juta koin. Dengan meningkatnya kelangkaan, maka harga bitcoin pun akan makin meningkat. 

  • Bitcoin Merupakan Inovatif yang Mengubah Dunia

Sebelum awal rilisnya di tahun 2009 silam, tak ada mata uang atau alat tukar yang bersifat seperti bitcoin. Orang-orang yang ingin bertransaksi tanpa melibatkan otoritas pusat hanya bisa melakukannya secara langsung, baik dengan uang tunai, emas, atau aset fisik lainnya. Adanya bitcoin memungkinkan transaksi semacam ini untuk bisa dilakukan secara digital. Tentu saja, praktek ini jauh lebih praktis, hemat waktu, dan berbiaya rendah.

  • Bitcoin Semakin Diakui Dunia

Selayaknya produk inovatif pada umumnya, bitcoin juga sempat menjadi kontroversi besar hingga mendapat kritik dan penolakan dari berbagai pihak. Meski demikian, seiring berjalannya waktu, semakin banyak pula pihak yang mulai menerima dan bahkan berinvestasi dalam bitcoin. Para pakar terkemuka dunia pun semakin banyak yang yakin atas potensi bitcoin sebagai instrumen ekonomi masa depan.

Bukan hanya investor perseorangan saja yang jumlahnya meningkat, namun hingga berbagai perusahaan besar pun juga semakin banyak yang tertarik dengan investasi bitcoin. Para pedagang dan perusahaan ritel pun makin banyak yang membuka opsi pembayaran dengan bitcoin, misalnya Microsoft dan Tesla.

  • Bitcoin Terbukti Kuat Bertahan

Dari tahun ke tahun, selalu saja ada mata uang kripto baru yang muncul. Sebagian besar memiliki nilai yang naik turun tak terkendali hingga menyebabkan banyak investor rugi. 

Investasi bitcoin tidak perlu membuatmu khawatir atas hal-hal tersebut. Waktu sudah membuktikan bahwa bitcoin memiliki kemampuan bertahan yang sangat tinggi. Fluktuasi harga bitcoin cenderung lebih stabil ketimbang sebagian besar kripto lainnya.

  • Bitcoin Semakin Mudah Diakses

Pada awal kemunculannya memang tidak banyak orang yang bisa membeli dan menyimpan bitcoin. Selain karena informasinya yang masih terbatas, alasannya juga karena minimnya platform wallet dan broker yang mudah dipahami dan dipercayai oleh masyarakat awam. Namun, kini telah banyak broker dan wallet yang mudah dipakai dan terpercaya. Memantau harga bitcoin dari waktu ke waktu pun semakin gampang.

Bitcoin memang aset investasi yang cukup menjanjikan. Akan tetapi, ada banyak hal yang perlu kamu pelajari untuk pertimbangkan agar investasimu bisa membuahkan hasil yang memuaskan. Yang pasti, pilihlah platform dan sumber informasi yang terpercaya untuk mendapatkan harga bitcoin terbaik dan transaksi yang terjamin aman.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker