Pemkab Halteng Resmi Serahkan Bangunan Ito Gapura kepada Kota Tidore

Abadikini.com, HALTENG – Setelah melewati tahapan koordinasi, bangunan Ito Gapura, aset milik Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah yang berada di Kelurahan Gamtufkange Kota Tidore Kepulauan, akhirnya resmi diserahkan ke Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Dokumen Hibah Barang Milik Daerah, berupa tanah dan bangunan Ito Gapura dan barang muatan kapal tenggelam dari pemerintahan Kabupaten Halmahera Tengah kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Dokumen tersebut ditandangani oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Halmahera Tengah Yanto M. Asri dan Sekertaris Daerah kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, bertempat di Ruang Rapat Bupati, Kantor Bupati Halmahera Tengah, Jumat (24/11/2023).

Yanto M. Asri dalam kesempatan tersebut mengatakan, antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan itu satu, hanya saja terpisah daratan, tetapi pada intinya satu roh, untuk itu apa yang dilaksanakan ini telah melalui berbagai prosedur.

“Jangan terpengaruh dengan beberapa anak muda yang sampai saat ini masih menempati bangunan Ito Gapura, karena saya sudah menyurat untuk meminta mereka keluar, tetapi sampai pada hari ini belum diindahkan, namun secara administrasinya sudah menyurat,” Ungkap Yanto

Yanto menambahkan, setelah penandatanganan ini, Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah akan menyurat sekali lagi untuk meminta mereka kaluar, namun yanto berharap setelah dokumen serah terima ini diserahkan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan juga dapat melayangkan surat, untuk meminta mereka mengosongkan bangunan Ito Gapura.

“Saya sudah imbau di teman- teman OPD yang punya keluarga, yang punya famili, adik atau saudara yang tinggal di bangunan Ito Gapura saat ini, untuk sampaikan ke mereka, bahwa ini kita sudah lakukan aturan-aturan yang berlaku dan melalui berbagai prosedur, jadi kalau boleh itu keluar dan tidak ada masalah lagi,” Imbuh Yanto

Lebih lanjut, Yanto menegaskan, proses hibah aset daerah ini bukanlah persoalan membeli kucing di dalam karung, tetapi ini adalah Pemerintahan, yang semuanya itu jelas, terkait dengan Ito Gapura, apa yang Halteng berikan dan apa yang Tidore berikan itu semua sudah jelas.

Sementara, Sekertaris Daerah Kota Tidore Kepualauan, Ismail Dukomalamo dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih, dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Halmahera tengah, khususnya kepada Bupati, Sekda dan semua pimpinan OPD yang telah menyerahkan Ito Gapura kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Proses untuk meminta Ito Gapura masuk ke dalam Aset Kota Tidore Kepulauan ini, sudah dilakukan beberapa tahun sebelumnya, tetapi alhamdulillah baru sekarang bisa terealisasi, untuk itu sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati dan jajarannya, mudah-mudahan aset yang sudah diserahkan itu, kami dapat memanfaatkan sebaik-baiknya, salah satunya untuk dukungan Perhelatan Hari Nusantara Tahun 2023,” Ucap Ismail.

Ismail mengatakan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan tetap berkomitmen bahwa Gedung Ito Gapura namanya tetap Ito Gapura, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan tidak akan merubah nama Ito Gapura, karena Ito Gapura ini adalah warisan pembangunan dari Kabupaten Halmahera Tengah.

“Di kesempatan ini juga, saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Sekda Halteng yang telah memberikan ketegasan, mudah-mudahan dalam proses pengalihan ini, tidak ada hal yang tidak kita inginkan bersama, kita semuanya tentu menginginkan segalanya aman,” Ucap Ismail.

Ismail menambahkan, secara psikologis Tidore dan Halmahera Tengah adalah satu, ini yang harus di garis bawahi, mudah-mudahan silaturahmi, kekompakan, kebersamaan dan saling kordinasi ini tetap terjaga, sehingga insyaAllah aktivitas Pemerintahan kedepan saling berkordinasi untuk kepentingan masyarakat Tidore maupun masyarakat yang ada di Pemerintah Kabupaten Halmahera tengah.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker